Piala Afrika, Ghana dan Mesir Lolos ke Semifinal

Metrobatam.com, Oyem – Ghana melanjutkan langkahnya di Piala Afrika 2017 ke semifinal setelah mengalahkan Republik Demokratik Kongo 2-1. Mesir juga lolos ke babak empat besar berkat kemenangan 1-0 atas Maroko.

Menghadapi Republik Demokratik Kongo di Stade d’Oyem, Oyem, Minggu (29/1/2017), Ghana menang berkat gol-gol Ayew bersaudara. Sementara satu-satunya gol Republik Demokratik Kongo dicetak oleh Paul-Jose M’Poku.

Jordan Ayew membawa Ghana memimpin 1-0 pada menit ke-63. Gol ini diawali keberhasilan Wakaso Mubarak mencuri bola di lini pertahanan lawan. Wakaso lantas mengoper si kulit bundar kepada Jordan Ayew, yang menusuk ke kotak penalti sebelum mencetak gol lewat tembakan kaki kanannya.

M’Poku menyamakan skor menjadi 1-1 lima menit kemudian. Tembakan jarak jauhnya tak bisa dijangkau oleh penjaga gawang Ghana, Brimah Razak.

Bacaan Lainnya

Ghana mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-78 setelah Christian Atsu dijatuhkan oleh Joyce Lomalisa. Andre Ayew maju sebagai algojo dan sukses mengecoh penjaga gawang Ley Matampi.

Pada pertandingan lain yang dilangsungkan di Stade de Port-Gentil, Port-Gentil, Mesir menang tipis 1-0 atas Maroko. The Pharaohs menang berkat sontekan jarak dekat Mahmoud Kahraba pada menit ke-88.
Ghana dan Mesir Lolos ke SemifinalFoto: AFP/Justin Tallis

Di babak semifinal, Mesir akan berhadapan dengan Burkina Faso pada 1 Februari. Semifinal lainnya mempertemukan Ghana dan Kamerun pada hari berikutnya.

(mb/detik)

Pos terkait