Polisi Anggap Rupiah ‘Palu Arit’ Hanya Persepsi Pribadi Habib Rizieq

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan

Metrobatam, Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan menangapi permintaan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk mencabut peredaran uang rupiah baru karena diduga terdapat logo yang mirip dengan lambang palu arit dari PKI. Iriawan menilai hal itu hanya persepsi Rizieq karena pada dasarnya sistem pengamanan rectoverco di logo BI yang baru tidak mirip dengan logo PKI.

“Coba lihat uangnya palu arit bukan? udah lihat belum? Sudah cukup, kalau diinterprestasikan palu arit ya bisa saja tapi kan lihat saja dulu,” kata Iriawan di Kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (24/1).

Read More

Menurut Iriawan, pihaknya telah memeriksa para saksi ahli dari pihak BI. Didapat keterangan logo tidak menyerupai logo PKI tapi lambang BI. “Bank BI menyampaikan hasil daripada keterangan ahli menyampaikan itu bukan, BI itu ahlinya loh terus percaya sama siapa? Kalau sudah disampaikan itu bukan palu arit, sistem rectoverso yaitu ahlinya sudah bicara,” ungkapnya.

Usai diperiksa oleh Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terkait ucapannya yang menyebutkan ada gambar palu arit di uang rupiah baru. Bahkan Rizieq mendesak pemerintah untuk mencabutperedaran uang baru tersebut.

Menurut Rizieq, bahwa ada ribuan hingga jutaan model rectoverco tapi kenapa BI memilih gambar yang menyerupai mirip logo palu arit.

(mb/okezone)

Related posts