Polisi: Kekerasan pada 3 Mapala UII yang Tewas Terbukti

Metrobatam, Jakarta – Polres Karanganyar, Jawa Tengah, terus mendalami kasus dugaan tindak pidana kekerasan yang menyebabkan tiga mahasiswa UII tewas seusai mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) The Great Camping (TGC). 20 Orang saksi dari pihak peserta diklatsar dan keluarga sudah dimintai keterangan.

Selain memeriksa 20 orang saksi, polisi juga sudah mengantongi hasil visum pada salah satu korban bernama Muhammad Fadli (19). Sementara untuk dua korban lainnya, Syaits Asyam (19) dan Ilham Nurpadmy Listia Adi, polisi masih menunggu hasil visum resmi dari rumah sakit.

“Sejauh ini kita sudah melakukan pemeriksaan pada 20 orang saksi, baik dalam kapasitas mereka sebagai peserta dan keluarga yang mendampingi korban sebelum meninggal,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak kepada detikcom, Rabu (25/1) malam.

“Kita juga sudah mendapatkan alat bukti berupa surat keterangan visum et repertum luka dan mayat pada korban bernama (Muhammad) Fadli yang merupakan korban pertama. Dua korban lain yaitu Syaits Asyam dan Ilham Nurpadmy Listia Adi, walaupun secara resmi hasil visum dan otopsi belum diterima tapi kami sudah mendapatkan informasi dari hasil koordinasi dengan pihak rumah sakit,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dari infomasi yang didapatkan, Ade mengatakan bahwa terdapat beberapa luka di sekujur tubuh ketiga korban, bahkan ditemukan juga trauma di kepala korban. Hal tersebut makin menguatkan kepolisian bahwa benar terjadi tindakan kekerasan.

“Intinya benar ada dugaan ada tindakan kekerasan dengan adanya luka-luka di sekujur tubuh, memar dan trauma di kepala bagian belakang. Serta ada gumpalan darah di paru dan rusuk sebelah kiri ada yang patah. Dugaan tindakan kekerasan pada ketiga korban sementara bisa dibuktikan,” paparnya.

Tiga mahasiswa UII yang tewas tersebut adalah Syaits Asyam (19), Muhammad Fadli (19), dan Ilham Nurfadmi Listia Adi (20). Mereka tewas setelah mengikuti Diklatsar The Grand Camping (TGC).

Tiga mahasiswa UII itu awalnya mengikuti kegiatan TGC di lereng selatan Gunung Lawu di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada 13-20 Januari 2017. Total peserta diksar ada 37 mahasiswa dari berbagai fakultas di UII, yang terdiri dari 34 peserta laki-laki dan 3 perempuan.

 

(mb/okezone)

Pos terkait