Sistem Kelistrikan Batam-Bintan Gangguan, Akibat Sambaran Petir

Foto : Benny Eka Putra, Coorporate Comunication Bright PLN Batam
Metrobatam.com, Batam Cuaca buruk disertai hujan dan petir yang terjadi di Batam sejak Ahad (22/1) malam hingga pagi ini, Senin (23/1) mengakibatkan gangguan sistem kelistrikan hingga padam.

“Saat ini sudah berangsur pulih. Pemadaman yang terjadi hanya parsial karena transmisi 150 KV tersambar petir,” kata Corporate  Communication bright PLN Batam, Benny Eka Putra, Senin (23/1).

Pada pukul 03:14 WIB terjadi sambaran petir pada jaringan transmisi 150 kV sistem Batam yang mengakibatkan PLTU Tanjung Kasam gangguan 2 Unit sebesar 120 MW dan PLTGU Panaran 98 MW yang mengakibatkan padam sebagian besar sistem Batam Bintan dengan total padam lebih kurang 218 MW.

Untuk pemulihan tim teknis PT PLN Batam lansung melakukan upaya pemulihan sistem Batam Bintan sehingga pada pukul 08:00 WIB beban sistem Batam Bintan sudah 150 MW.
Saat ini PLTU Tanjung Kasam masih persiapan untuk start up, sehingga pada hari ini Senin (23/01) akan terjadi pemadaman bergilir dengan durasi waktu kurang lebih 3 jam/pelanggan karena sistem Batam-Bintan mengalami defisit kurang lebih 60 MW. Saat ini kondisi sistem kelistrikan Batam-Bintan sudah berangsur normal.
PLN Batam, kata dia, mohon maaf atas kejadian yang mengakibatkan ketidaknyamanan tersebut dan menyampaikan terimakasih atas perhatian pelanggan.
Mb

Related posts