Kapal Berpenumpang 180 Orang Kehabisan BBM, 18 Jam Terombang-ambing di Laut

Metrobatam, Surabaya – Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa 1 yang mengangkut 180 penumpang dari Kota Balikpapan menuju Surabaya dikabarkan kehabisan bahan bakar di Perairan Selat Madura.

Koordinator Tim SAR BPBD Pamekasan, Budi Cahyono mengungkapkan, kabar adanya kapal pengangkut penumpang di perairan utara Madura ia ketahui dari polisi yang membagikan informasi di grup WhatsApp.

Read More

“Setelah mendapat informasi itu, kami langsung kontak Basarnas Surabaya untuk memberitahu kabar itu,” ungkap Budi, Jumat (3/2).

Dijelaskan Budi, dari informasi yang ia terima diketahui bahwa kapal tersebut sudah 18 jam kehabisan bahan bakar diperairan Madura, tepatnya pada koordinat 06 derajat 46.39 LS dan 112 derajat 54.31 BT. “Untuk selanjutnya nanti Basarnas yang akan mencari data menghubungi nahkoda kapal,” imbuh Budi.

Sementara dari informasi yang diterima BPBD juga dilaporkan bahwa kondisi penumpang dalam keadaan lemas karena kehabisan air minum.

Kapal yang sempat terombang-ambing di perairan Madura, Jawa Timur, kini dalam perjalanan menuju Pelabuhan Jamrud Utara, Tanjung Perak. Kapal dievakuasi dengan cara ditarik 2 kapal tunda. “Sekarang masih perjalanan,” kata Kasat Patroli Daerah Polair Polda Jatim, AKBP Heru Prasetyo kepada detikcom, Sabtu (4/2).

Heru memastikan kondisi penumpang dan kru kapal dalam kondisi baik dan sehat. Ada 180 penumpang dalam kapal tersebut. “Makanan sudah kita berikan semalam dan pagi yang kemudian kapal langsung digendong kapal tunda,” imbuh Heru.

KM Mutiara Sentosa I sandar di pelabuhan diperkirakan antara siang hingga sore nanti. Ada 6 kapal yang sebelumnya diperbantukan untuk membantu evakuasi dan membawa perbekalan makanan dan minuman.

“Kalau sekarang masih di Bui 5 berarti sampai di sini (Surabaya) masih 6 jam. Untuk kecepatan kapal yang lagi digendong mencapai 2,5 knot,” ujar Heru.(mb/okezone/detik)

Related posts