Pemprov Kepri Bangun Jembatan Penghubung Pulau Parit-Pulau Lumut

Foto : Ilustrasi - Jembatan antarpulau/ statusaceh.net

Metrobatam.com, Karimun – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membangun jembatan sepanjang 200 meter menghubungkan Pulau Parit dengan Pulau Lumut, Kabupaten Karimun.

“Pembangunan jembatan Parit-Lumut merupakan janji gubernur untuk melaksanakan program konektivitas antarpulau, anggaran persisnya tidak ingat, tapi sekitaran Rp10 miliar dalam APBD 2017,” kata anggota DPRD Provinsi Kepri Rocky Marciano Bawole di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Read More

Rocky, legislator dari PKB Daerah Pemilihan Kabupaten Karimun itu, mengatakan kebijakan gubernur untuk memulai konektivitas antarpulau di Karimun, patut didukung dan diapresiasi.

Sebagai legislator dari Karimun, dia menyambut baik pembangunan jembatan tersebut sebagai akses yang menghubungkan pulau-pulau sehingga tersambung melalui jalur transportasi darat.

“Karimun terdiri atas ratusan pulau, akses transportasi laut merupakan satu-satunya penghubung pulau-pulau itu. Kalau sudah ada jembatan, ini tentu dapat membuka isolasi pulau-pulau terpencil yang sulit dijangkau dengan kapal laut,” tuturnya.

Sebagai bentuk keseriusan Pemprov Kepri untuk melaksanakan program konektivitas antarpulau, Rocky mengatakan bahwa pada tahun depan, pemprov berencana membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Berat dengan Urung atau Kelurahan Tanjungberlian, Kecamatan Kundur Utara.

“Tahun ini perencanaannya, sedangkan pembangunannya dianggarkan tahun depan,” ucap Rocky.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat berkunjung ke Tanjung Balai Karimun beberapa waktu lalu, mengatakan program konektivitas antarpulau menjadi prioritas pemerintah provinsi untuk memperluas akses transportasi yang menghubungkan pulau-pulau di kabupaten/kota.

Nurdin mengharapkan program yang dicanangkan almarhum Gubernur Muhammad Sani itu dapat mendukung pembangunan yang diarahkan pada sektor jasa kemaritiman.

Semasa dia menjabat Bupati Karimun, Nurdin Basirun melontarkan wacana untuk pembangunan beberapa jembatan yang menghubungkan Kabupaten Pelalawan di Riau daratan, Karimun dan Johor Malaysia.

Nurdin mewacanakan pembangunan delapan jembatan, antara lain jembatan dari Tanjung Piay ke Pulau Karimun Anak dengan panjang 17,5 kilometer, Pulau Karimun Anak-Pulau Karimun Besar 1,1 km, Pulau Karimun Besar-Pulau Parit 4 km dan Pulau Parit-Pulau Lumut 270 meter.

Selain itu, Pulau Lumut-Pulau Papan 195 meter, Pulau Papan-Pulau Belat 240 meter, Pulau Belat-Pulau Kundur 650 meter, dan jembatan Pulau Kundur-Pulau Sumatera (Kabupaten Pelalawan) sepanjang 15 km.

Mb/Antara

Related posts