AC Mobil Anda Bau? Ini Cara Menghilangkan Baunya

Metrobatam.com, (Mb) – Sebagian besar pengguna mobil telah mengeluh karena terdapat bau yang tidak sedap pada saat pertama menyalakan AC mobilnya, cuman bau seperti ini memang tidak lama dan hanya lewat beberapa menit saja kemudian hilang, Kalau kita cermati sebetulnya komponen AC tidak menimbulkan bau, lantas kenapa sampai bisa bau seperti tidak sedap.

Bau tidak sedap yang keluar dari kolong AC mobil kita pada saat pertama kali dinyalakan adalah bakteri yang berada pada kolong AC atau sudah melekat pada evaporator AC, biasanya hal ini terjadi karena kotoran yang ada dalam kabin mobil kita kemudian masuk melalui kolong AC, atau bisa jadi akibat udara kotor yang masuk ke dalam mobil seperli asap kenalpot dijalan dan asap rokok yang kemudian masuk melalui kolong AC.

Tips ini merupakan cara bagaimana mengatasi ac mobil bau apek, bau asam, asap dan bau-bau lainnya.

Bau yang tidak sedap ini akan membuat kita kurang nyaman, untuk menetralisir masalah tersebut berikut tips dari kami:

Bacaan Lainnya
  1. Jangan terlalu sering membuka kaca pada saat mobil sedang berjalan.
  2. Bersihkan kabin mobil sesering mungkin, sehingga bakteri dari kotoran tidak sampai masuk ke dalam kolong AC, dan karena bersih itu sehat.
  3. Bersihkan bagian bawah alas kaki / sedot dengan vacuum bagian karpet sebelum mobil digunakan.
  4. Sesekali bersihkan evaporator, hal ini membutuhkan keahlian khusus, oleh karena itu silahkan konsultasikan dengan Tukang AC
  5. Usahakan untuk tidak merokok di dalam mobil, karena asapnya akan menempel di semua bagian seperti plafon, jok,dsb.
  6. Rawat AC secara berkala, supaya bagian bagian komponen yang tertempel bakteri juga dibersihkan.
  7. Usahakan untuk tidak menyimpan makanan basah dalam mobil yang dapat menimbulkan bau.
  8. Untuk pengharum mobil, saya sarankan menggunakan jenis pengharum yang mengandung anti bakteri, sehingga mampu membunuh bakteri yang melekat dalam kolong AC dan evaporator.

Pos terkait