Diduga Terlilit Utang, Ratusan PNS Gadaikan SK

Metrobatam, Karawang – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) umumnya menjadi dambaan banyak orang. Selain berpenghasilan tetap, menjadi PNS memiliki pamor baik di lingkungan masyarakat.

Namun di balik itu semua, ada sisi lain yang menarik dibahas dari kondisi kehidupan banyak PNS, yaitu tren gadai SK pengangkatan ke salah satu bank. Setidaknya inilah yang terjadi di banyak kalangan PNS Karawang, Jawa Barat.

Read More

Bahkan kondisi ini dibenarkan oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karawang, Asep Aang. Ia mengakui hampir 89 persen dari jumlah 14.070 PNS mereka sering menggadaikan SK-nya ke bank.

Aang juga mengakui sikap konsumtif PNS ini kebanyakan yang membuat mereka terlilit utang.

“Memang ada yang gajinya menyisakan Rp100 ribu bahkan ada yang sama sekali tidak menyisakan uang. Ini menjadi persoalan gaya hidup PNS kita,” ujar Aang, seperti dikutip dari Jawapos, Jumat (10/3/2017).

Aang mengatakan, pemerintah pun tidak dapat bertindak banyak dengan pola kehidupan PNS yang konsumtif tersebut. Karena hal tersebut tergantung dari pribadi masing-masing PNS.

“Tetapi ada juga PNS yang berhasil dengan pinjaman tersebut dan tidak lagi meminjam uang kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk kesejahteraan PNS sendiri saat ini pihaknya tengah mempelajari pola single salary, yang nantinya gaji akan dihitung sesuai dengan beban kerjanya, lalu ada tunjangan lainnya dan beberapa variabel lain.(mb/okezone)

Related posts