Kalahkan Sevilla 2-0, Leicester Susul Juve ke Perempatfinal Champions

Leicester – Leicester City sukses membalikkan keadaan atas Sevilla di babak 16 besar Liga Champions. Leicester menang 2-0 di leg kedua dan melaju ke babak perempatfinal.

Dalam pertandingan di King Power Stadium, Rabu (15/3) dinihari WIB, Leicester mengawali misi comeback mereka dengan baik. Mereka memimpin 1-0 di babak pertama berkat gol Wes Morgan.

Di awal babak kedua, Leicester menggandakan keunggulan melalui sepakan Marc Albrighton. Mereka kian berada di atas angin setelah Samir Nasri diusir wasit karena mendapat dua kartu kuning.

Sevilla sempat mendapat kans emas untuk menipiskan skor sekaligus memaksakan laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Tim tamu mendapat hadiah penalti setelah Kasper Schmeichel menjatuhkan Vitolo di kotak terlarang.

Bacaan Lainnya

Tapi Steven N’Zonzi yang menjadi eksekutor menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Tendangannya bisa ditebak oleh Schmeichel dan diblok oleh kiper Leicester itu.

Skor 2-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Dengan demikian, Leicester lolos dengan agregat 3-2 atas Sevilla.

Jalannya Pertandingan
Sevilla langsung mengancam saat laga memasuki menit keempat. Bola operan Pablo Sarabia ke kotak penalti Leicester mengarah ke Samir Nasri. Meski diadang Wes Morgan, Nasri mampu melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi Kasper Schmeichel bisa menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Sevilla.

Leicester gantian mendapat peluang di menit ke-11. Tapi tendangan voli Danny Drinkwater setelah sepak pojok untuk Leicester masih membentur pemain Sevilla.

Tekanan yang dilancarkan Leicester membuat Sevilla lebih banyak bertahan. Tapi tim tamu juga berbahaya dalam serangan balik. Serangan balik Sevilla sempat menghasilkan peluang untuk Pablo Sarabia, tapi tendangannya masih menyamping dari gawang Leicester.

Leicester akhirnya membuka keunggulan di menit ke-27. Dari sebuah tendangan bebas di sisi kiri, Riyad Mahrez mengirim bola ke arah tiang jauh. Meski dikawal ketat Gabriel Mercado, Wes Morgan tetap mampu melakukan kontak dengan bola untuk mencetak gol.

Sevilla langsung bereaksi. Ben Yedder nyaris mencetak gol balasan di menit ke-31. Dari sisi kanan kotak penalti, Yedder mencari ruang tembak, tapi bola sepakannya kemudian hanya mengenai sisi luar jaring gawang Leicester.

Jelang turun minum, Leicester menyerang balik lewat Jamie Vardy dari sisi kanan. Setelah umpannya ke kotak penalti tak membuahkan hasil, Vardy kemudian mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi bola masih menyamping dari gawang Sevilla.

Ada dalam posisi tertinggal, Sevilla melakukan perubahan di awal babak kedua. Stevan Jovetic dan Mariano dimasukkan untuk menggantikan Sarabia dan Mercado.

Sevilla yang mencari gol balasan mengambil inisiatif menyerang sejak awal babak kedua. Tekanan yang dilancarkan tim tamu nyaris berbuah gol, tapi tendangan Escudero hanya menerpa mistar gawang.

Justru Leicester yang mampu menggandakan keunggulan di menit ke-54. Upaya Adil Rami untuk menghalau umpan silang Mahrez justru mengarah ke Marc Albrighton yang berdiri bebas di kotak penalti. Dengan tenang, Albrighton mengontrol bola dan kemudian melepaskan tembakan ke arah pojok kanan bawah gawang Sevilla dan mengecoh Sergio Rico yang mati langkah.

Rapatnya pertahanan Leicester mulai membuat Sevilla frustrasi. Serangan mereka beberapa kali patah dan sulit menciptakan peluang bersih.

Sedang dalam posisi mengejar, Sevilla justru harus kehilangan salah satu pemainnya. Nasri mendapat kartu kuning kedua di menit ke-74 setelah terlibat keributan dan adu kepala dengan Vardy. Wasit juga memberi kartu kuning kepada Vardy.

Tapi, empat menit kemudian, Sevilla mendapat peluang emas untuk menipiskan skor sekaligus memaksakan babak perpanjangan waktu. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Schmeichel menjatuhkan Vitolo di kotak terlarang.

Namun Steven N’Zonzi yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya bisa ditebak oleh Schmeichel dan digagalkan oleh kiper asal Denmark itu.

Vardy menyia-nyiakan sebuah peluang bagus untuk memantapkan keunggulan Leicester di menit-menit akhir pertandingan. Dari serangan balik, Mahrez mengoper bola kepada Vardy yang berdiri bebas di kotak penalti. Tapi tendagan Vardy justru jauh dari sasaran.

Susunan Pemain
Leicester City: Schmeichel, Simpson, Huth, Morgan, Fuchs, Albrighton, Ndidi, Drinkwater, Mahrez (Amartey 90′), Okazaki (Slimani 64′), Vardy

Sevilla: Rico; Mercado (Mariano 46′), Pareja, Rami; Sarabia (Jovetic 46′), Iborra, N’Zonzi, Escudero; Vitolo, Nasri; Ben Yedder (Correa 68′).(mb/detik)

Pos terkait