Liga Champions, Aubameyang Hat-trick, Dortmund Singkirkan Benfica

Dortmund – Borussia Dortmund berhasil membalikkan keadaan untuk maju ke perempatfinal. Dortmund mengalahkan Benfica 4-0, untuk lolos dengan keunggulan agregat 4-1.

Dortmund menjamu Benfica di Signal Iduna Park dalam laga leg kedua babak 16 besar, Kamis (9/3/2017) dinihari WIB. Bomber Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang menginspirasi kemenangan timnya dengan mencetak trigol.

Sebuah gol cepat Aubameyang membawa Dortmund memimpin atas Benfica 1-0 sampai jeda. Usai restart, Christian Pulisic memperbesar skor Die Borussen di menit 59, yang ditegaskan oleh dua gol tambahan Aubameyang di menit 61 dan 85.

Jalannya Pertandingan
Dortmund langsung tancap gas. Di menit keempat, Aubameyang membawa Dortmund memimpin 1-0 (agregat 1-1). Christian Pulisic mengirim umpan silang dari sisi kiri pertahanan Benfica, Aubameyang berdiri bebas di dekat tiang gawang sehingga dengan mudah menyundul bola.

Bacaan Lainnya

Benfica akhirnya bisa merespons serangan Dortmund. Di menit 12, Benfica mengklaim penalti setelah handball yang dilakukan pertahanan Dortmund di dalam kotak.

Tim tuan rumah lantas melakukan serangan balik cepat yang membebaskan Ousmane Dembele usai menerima umpan terukur Aubameyang. Namun, penyelesaian akhir Dembele masih melebar.

Benfica memperoleh peluang bersih pertamanya di menit 24. Lini pertahanan Dortmund gagal melakukan clearance dengan sempurna sehingga bola jatuh di jalur Pizzi. Sayangnya, sepakan mendatar Pizzi masih mudah diamankan Roman Buerki.

Tim tamu mulai bermain dengan lebih baik. Sebuah peluang lain tercipta delapan menit kemudian. Dalam situasi tendangan bebas, Luisao meneruskan bola dengan sundulan ke arah gawang. Buerki masih sigap menangkap bola.

Menjelang turun minum, Dortmund akhirnya membuat peluang lagi. Marcel Schmelzer mengirim umpan silang ke tengah kotak yang diteruskan Pulisic dengan tandukan, tapi bisa ditangkap Ederson Moraes.

Usai restart, Benfica justru lebih dulu mengancam setelah Cervi mencecar bola liar tapi bisa diblok Lukasz Piszczek. Setelahnya, Dortmund menjadi lebih agresif.

Moraes dibuat jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya dari tembakan-tembakan Aubameyang. Di menit 59, gol yang ditunggu-tunggu Dortmund akhirnya tercipta melalui Pulisic.

Piszczek mengirim umpan terobosan cantik kepada Pulisic, untuk diteruskan dengan tendangan lambung yang melewati penjagaan Moraes. Dortmund menggandakan skor menjadi 2-0 (agregat 2-1).

Hanya butuh dua menit bagi Dortmund untuk menciptakan gol ketiganya. Menerima bola dari lini tengah, Schmelzer meneruskan dengan umpan silang di sisi kiri yang disontek Aubameyang dari jarak dekat. Dortmund 3, Benfica 0. Agregat pun menjadi 3-1.

Dortmund kini mengendalikan permainan. Di menit 67, Aubameyang melepaskan umpan silang ke kotak penalti Benfica. Gonzalo Castro meneruskan dengan tendangan voli, tapi bola masih melebar.

Benfica maasih sulit menciptakan peluang sejak kebobolan terakhir. Dortmund lagi-lagi mengancam gawang tamunya itu setelah sundulan Marc Bartra menyambut sepak pojok membentur tiang gawang di menit 84.

Semenit kemudian, Aubameyang mencetak hat-trick sekaligus gol keempat Dortmund. Umpan silang Erik Durm di sisi kanan, terlambat diadang para pemain bertahan Benfica sehingga dengan mudah disontek Aubameyang dari jarak dekat.

Dortmund kini mengungguli Benfica 4-0 (agregat 4-1), yang menjadi skor akhir pertandingan.

Susunan Pemain
BORUSSIA DORTMUND: Burki; Piszczek, Bartra, Sokratis (Ginter 88′); Durm, Weigl, Castro, Schmelzer; Pulisic, Aubameyang (Schuerrle 86′), Dembele (Kagawa 81′)

BENFICA: Moraes; Semedo, Lindelof, Luisao, Eliseu; Pizzi, Samaris (Zivkovic 74′); Almeida, Salvio (Jonas 64′), Cervi (Raul Jimenez 82′); Mitroglou.(mb/detik)

Pos terkait