Liga Champions, Hancurkan Arsenal 5-1, Bayern Mantap ke Perempatfinal

Metrobatam.com, London – Bayern Munich lolos ke perempatfinal dengan amat meyakinkan. Melawat ke markas Arsenal, Bayern memenangi pertandingan dengan skor 5-1 (agregat 10-2).

Dalam laga leg II babak 16 besar Liga Champions, Rabu (8/3) dinihari WIB, Arsenal mengakhiri laga dengan 10 pemain. Bek sekaligus kaptennya, Laurent Koscielny dikartu merah sejak awal babak kedua.

Pada awalnya, Arsenal memulai dengan menjanjikan. Theo Walcott mencetak gol di menit 20, untuk membawa tim tuan rumah memimpin 1-0 sampai halftime.

Namun, Bayern berbalik di atas angin setelah unggul jumlah pemain. Lima gol diberondong ke gawang Arsenal melalui Robert Lewandowski (penalti), Arjen Robben, Douglas Costa, dan sepasang gol Arturo Vidal.

Bacaan Lainnya

Hasil ini mengeliminasi Arsenal setelah kalah, juga dengan skor 1-5, di leg pertama yang digelar di markas Bayern.

Jalannya Pertandingan
Bayern lebih banyak menguasai bola di awal babak pertama, tapi masih kesulitan untuk mengalirkan serangan. Arsenal bertahan dengan solid dan mengandalkan serangan balik.

Di menit 12, Arsenal melakukan serangan balik berbahaya. Theo Walcott menerima bola dari belakang, tapi saat tiba di kotak penalti Manuel Neuer buru-buru mencegat.

Pressing Arsenal akhirnya membuahkan hasil. Di menit 20, Theo Walcott membuka keunggulan Arsenal 1-0 untuk menipiskan agregat menjadi 2-5.

Bekerjasama dengan Olivier Giroud, Walcott menembus sisi kiri pertahanan Bayern sebelum melepaskan tembakan dari sudut sempit yang sempat ditepis Neuer, tapi bola meluncur deras ke gawang.

Bayern kesulitan untuk mengimbangi permainan cepat dan taktis Arsenal. Bayern juga terlalu mudah kehilangan bola.

Di menit 34, Arsenal menciptakan peluang lain. Umpan terobosan Shkodran Mustafi menemui Walcott, tapi sepakannya hanya bersarang di sisi luar gawang Neuer. Lima menit kemudian, tembakan Giroud melambung usai menerima sodoran Nacho Monreal.

Bayern akhirnya menciptakan peluang emas di menit 41. Pergerakan Robben diakhiri dengan umpan silang, yang dijangkau Robert Lewandowski tapi penyelesaiannya melebar tipis.

Pelanggaran Javi Martinez berbuah tendangan bebas bagi Arsenal dari posisi yang berbahaya. Tapi tembakan Alexis Sanchez mengarah tepat ke Neuer. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

Setelah turun minum, Arsenal masih menjalankan taktik yang sama. Di menit 47, ancaman Arsenal datang setelah umpan silang Aaron Ramsey disambut Giroud dengan sundulan dari jarak dekat tapi bola masih melambung.

Bayern pelan-pelan mulai keluar dari tekanan Arsenal. Pelanggaran Laurent Koscielny kepada Lewandowski di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Striker Polandia itu sukses menyarangka bola ke arah kiri David Ospina untuk menjadikan skor 1-1 (agregat 6-2).

Sementara itu, Arsenal bermain dengan 10 orang karena Koscielny diusir dari permainan usai menerima kartu merah.

Bayern memanfaatkan keunggulan jumlah pemainnya dengan mengancam Arsenal. Di menit 66, kombinasi Lewandowski dan Arturo Vidal diakhiri dengan sepakan yang mesti dihalau Ospina.

Dua menit kemudian, Bayern akhirnya berbalik unggul 2-1 (agregat 7-2). Diawali dengan tendangan gawang Ospina yang kurang sempurna, bola pada akhirnya bisa dikuasai Robben. Winger Belanda itu melewati Sanchez, lalu menceploskan bola dari tengah kotak penalti Arsenal.

Masuknya Douglas Costa menyegarkan lini serang Bayern. Di menit 76, akselerasi Costa di sisi kanan pertahanan Arsenal diakhiri dengan umpan silang yang disontek Lewandowski. Bola menghantam tiang gawang.

Dua menit berselang, Douglas Costa mengukir namanya di papan skor untuk menjadikan keunggulan Bayern 3-1 (agregat 8-2). Dari serangan balik, winger Brasil memaksimalkan umpan Rafinha sebelum melepaskan tembakan kaki kiri ke sudut bawah gawang Arsenal.

Bayern tidak mengendurkan serangannya walau unggul jauh. Berawal dari kesalahan Arsenal, bola dikuasai Xabi Alonso yang diakhiri Vidal dengan sepakan untuk menaklukkan Ospina. Bayern mengungguli Arsenal 4-1 di menit 80 (agregat 9-2).

Empat gol tak cukup memuaskan Bayern. Hanya lima menit sesudahnya, Vidal mencetak gol keduanya untuk membuat skor 5-1 (agregat 10-2), setelah menerima sodoran Douglas Costa.

Susunan Pemain
ARSENAL: Ospina; Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal; Ramsey (Coquelin 72′), Xhaka; Walcott, Oxlade-Chamberlain, Giroud (Oezil 72′), Sanchez (Lucas Perez 73′)

BAYERN MUNICH: Neuer; Rafinha, Hummels, Martínez, Alaba; Alonso, Thiago (Kimmich 79′), Vidal; Robben (Douglas Costa 71′), Ribery (Renato Sanches 79′), Lewandowski.(mb/detik)

Pos terkait