Liga Europa, Menang 2-1 atas Lyon, Roma Tetap Tersingkir

Roma – AS Roma memetik kemenangan 2-1 kala menjamu Olimpique Lyon di leg kedua babak 16 besar Liga Europa. Namun hasil itu tak cukup untuk meloloskan mereka.

Menjamu Lyon di Olimpico, Jumat (17/3) dinihari WIB, Roma dalam posisi tertinggal agregat 2-4. Giallorossi pun memulai dengan agresif demi mengejar ketertinggalan.

Namun mereka justru kecolongan lebih dulu dari situasi bola mati pada menit ke-16 dan dibobol Mouctar Diakhaby. Roma mendapatkan kembali momentum ketika semenit berselang Kevin Strootman menyamakan kedudukan.

Di babak kedua, Roma masih berupaya menekan. Sementara Lyon beberapa kali mengancam lewat kecepatannya dalam serangan balik.

Bacaan Lainnya

Usaha Roma mencetak gol berbuah di menit ke-60, ketika umpan silang Stephan El Shaarawy yang coba disapu justru membentur Lucas Tousart dan masuk ke gawang sendiri. Tapi sampai laga usai tak ada gol lagi.

Skor 2-1 membuat Roma harus merelakan tiket perempatfinal, kalah 4-5 dalam agregat. Lyon pun melanjutkan perjalanan di Liga Europa.

Jalannya Pertandingan
Enam menit laga berjalan, Roma langsung menebar ancaman. Dari sepak pojok, umpan lambung Daniele De Rossi ditanduk Kostas Manolas di sisi kanan ke depan gawang.

Bola diterima Antonio Ruediger dan diteruskan dengan sepakan keras, tapi cuma menghantam mistar gawang. Bola pantulan lalu disundul Mohamed Salah, namun ditepis Anthony Lopes.

Enam menit berselang, Roma kembali mengancam. Bruno Peres melepaskan umpan terobosan dan diterima Salah, hanya saja sontekannya bisa dihalau Lopes.

Sebuah percobaan dari Edin Dzeko tak lama berselang cuma berakhir menyamping di kanan gawang Lyon.

Peluang pertama Lyon di menit ke-16 justru langsung berbuah gol. Dari tendangan bebas di kanan, umpan lambung Mathieu Valbuena disambar sundulan Mouctar Diakhaby yang tak terkawal dengan baik.

Tapi Roma langsung merespons semenit kemudian. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri, umpan lambung De Rossi yang jatuh di tiang jauh dicocor Kevin Strootman ke dalam gawang.

Dari situasi sepak pojok di menit ke-21, Roma kembali membuat peluang. Umpan tandukan Dzeko diteruskan sepakan Salah, namun melambung.

Radja Nainggolan melepaskan dua percobaan di menit ke-29 dam 31. Tapi belum menemui sasaran dan sama-sama melebar ke kiri gawang.

Di penghujung babak pertama, Roma mendapatkan peluang melalui tendangan Dzeko. Namun bisa dipatahkan Lopes. Babak pertama berakhir sama kuat 1-1.

Babak kedua baru berjalan semenit, Roma langsung mendapatkan kans bagus. Umpan silang Mario Rui dari kiri ditanduk Nainggolan, Lopes dengan sigap menepisnya.

Semenit kemudian giliran Ruediger menyambut bola umpan silang, tapi melebar. Upaya Bruno Peres di menit ke-54 masih bisa diamankan kiper.

Upaya balasan dari Lyon lewat Valbuena tak lama berselang masih jauh dari gawang Roma.

Di menit ke-60, Roma menyamakan kedudukan. Stephan El Shaarawy merangsek di sisi kanan, melewati satu pemain, lalu mengirimkan umpan silang mendatar. Christophe Jallet berupaya menghalau, tapi membentur Lucas Tousart dan masuk ke gawang sendiri.

Tiga menit kemudian, Roma membuang sebuah peluang berharga. El Shaarawy menerima umpan di sisi kanan dan melewati satu pemain, sebelum kemudian melepaskan sepakan mendatar yang cuma berakhir tipis di sisi kiri gawang.

Sementara Lyon merespons tak lama berselang. Jeremy Morel menusuk di kiri dan melepaskan umpan tarik yang disambar Cornet. Cuma melambung.

Di menit ke-77, sepakan Tolisso dari luar kotak penalti nyaris mengubah skor. Namun Alisson Becker dengan cemerlang menepis bola.

Sebuah sepakan dari El Shaarawy menyambut bola liar di menit ke-88 cuma melambung. Sementara sundulan Dzeko di menit ke-92 tipis saja di atas mistar gawang.

Tak lama kemudian, Lyon nyaris menjebol gawang Roma dalam situasi serangan balik. Nabil Fekir melewati dua pemain dan tinggal menghadapi kiper, namun sepakannya bisa diantisipasi Alisson. Laga berakhir tanpa ada gol lain.

Susunan pemain:
Roma: Alisson; Rudiger, Fazio, Manolas; Peres (El Shaarawy 59′), De Rossi (Totti 84′), Strootman, Mario Rui (Perotti 76′); Salah, Nainggolan; Dzeko

Lyon: Lopes; Jallet, Mammana (Yanga-Mbiwa 78′), Diakhaby, Morel; Tousart, Gonalons; Cornet, Tolisso, Valbuena (Rafael 91′); Lacazette (Fekir 84′).(mb/detik)

Pos terkait