PDIP dan PAN Isyaratkan Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar

Metrobatam, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyatakan tengah melakukan pendekatan terhadap Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil untuk diusung dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya telah menjalin komunikasi dengan sejumlah calon Gubernur Jawa Barat. Namun, Ridwan merupakan sosok yang paling potensial untuk diusung PDIP.

Read More

“Kami bangun komunikasi yang baik dengan sejumlah calon. Juga sudah bangun komunikasi dengan Pak Ridwan Kamil,” ujar Hasto kepada CNNIndonesia.com di Jakarta, Senin (6/3).

Meski sinyal dukungan mengarah ke Ridwan, Hasto mengklaim, pihaknya tidak menutup kemungkinan mengubah arah dukungan terhadap sosok yang berasal dari kalangan partai. Pasalnya, kata Hasto, PDIP juga masih melakukan penjajakan terhadap sejumlah calon lain yang berpotensi memimpin Jabar.

Pendekatan serupa juga tengah dilakukan Partai Amanat Nasional. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan, selain Ridwan partainya juga menimbang tiga nama lain yang juga dinilai layak untuk diusung yaitu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Wakil Gubernur Jabar Dedi Mizwar, dan kader PAN Desi Ratnasari.

Meski telah memberi sinyal dukungan ke sejumlah calon, Zul berkata, PAN masih menampung sejumlah aspirasi dan hasil survei terhadap sejumlah calon. Pasalnya, ia menilai, Pilkada Jabar baru akan berlangsung pada tahun 2018.

“Pilkada kan masih jauh. Nanti kami lihat rakyat Jabar maunya bagaimana dan seperti apa. Kami memperjuangan aspirasi,” ujar Zul di Gedung DPR, Jakarta.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, sebelumnya telah menyatakan siap maju di Pilkada Jabar 2018. Namun, dia masih menunggu dukungan dari partai politik karena sulit melaju dari jalur independen.

Emil mengatakan belum bisa menyimpulkan partai mana saja yang berminat mengusungnya di Pilkada Jabar tahun depan. Ia menyatakan tak ingin terburu-buru menyimpulkan karena keputusan dukung mendukung di Pilkada bisa dilakuan hingga di saat-saat akhir.(mb/cnn indonesia)

Related posts