Seperti Ini Penampakan Pedang ‘Emas’ Pemberian Kerajaan Saudi untuk Polri

Metrobatam, Jakarta – Kerajaan Arab Saudi memberikan cinderamata berupa pedang ‘emas’ ke Polri. Pedang pemberian itu akan dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan foto yang diterima detikcom, pedang tersebut berwarna kuning emas. Pedang itu ditaruh di dalam sebuah kotak khusus.

Pedang itu diserahkan melalui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pedang itu diberikan saat Osama berkunjung ke Mabes Polri, Sabtu (4/3) kemarin.

“Jadi bukan pedang yang terbuat dari emas, tapi pedang yang punya nilai emas. Barangnya bukan dari emas. Tapi pedang yang memiliki nilai emas dalam tanda petik lah. Benda berharga lah,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (6/3).

Bacaan Lainnya

Kendati saat acara pemberian pedang diterima oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, lanjut Boy, pedang itu diberikan untuk institusi Polri. Pedang itu akan dilaporkan ke KPK.

“Penerimaan hadiah tersebut juga akan dilaporkan kepada Direktorat Gratifikasi KPK pada waktunya. Selanjutnya cenderamata tersebut akan disimpan di Museum Polri,” tuturnya.

KPK mengapresiasi rencana Polri melaporkan pemberian cenderamata pedang tersebut. Menurut KPK, hal ini dapat menjadi contoh bagi para pegawai negeri dan penyelenggara negara di berbagai institusi.

“Kami mengapresiasi rencana pelaporan tersebut. Ini bisa menjadi contoh yang kuat bagi para pegawai negeri dan penyelenggara negara, baik di lingkungan Polri atau instansi lainnya,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Senin (6/3).

Menurut Febri, itu merupakan hal yang wajar dilakukan. Dia memberi contoh saat Presiden Joko Widodo pernah melaporkan penerimaan hadiah saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta dan presiden kepada KPK.(mb/detik)

Pos terkait