Tak Pantas Ditiru, Nenek 92 Tahun Dipaksa Mengemis oleh Cucunya

Metrobatam, Semarang – Seorang nenek renta membikin heboh dunia maya karena disebut-sebut netizen dipaksa mengemis oleh cucunya di traffic light Rumah Sakit Dokter Kariadi, Semarang, Jawa Tengah. Atas peristiwa itu, aparat kepolisian melakukan tindak lanjut dengan segera membawa mereka ke Kantor Polrestabes Semarang.

Kepala Satuan Reskrim Polrstabes Semarang, AKBP Wiyono Eko Prasetyo menyatakan, antara nenek dengan laki-laki yang disebut-sebut sebagai cucunya itu ternyata tidak memiliki pertalian darah.

Read More

“Sudah kami mintai keterangan dan ternyata antara nenek dan pria tersebut tidak ada ikatan keluarga kalau mereka itu nenek dan cucu,” kata Eko, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/3).

Kepada polisi, nenek itu mengaku bernama Supini (92) dari Grabag, Magelang. Sedang laki-laki yang disebut-sebut cucunya itu bernama Surono dari Sragen, Jawa Tengah.

Menurut Eko, Surono sudah mempekerjakan Supini sebagai pengemis selama tiga bulan. Setiap hari Supini berhasil menghimpun uang Rp50 ribu hingga Rp70 ribu dari mengemis.

“Pengakuannya baru tiga bulan. Uang hasil mengemis diminta Surono dengan alasan ditabung untuk kebutuhan nenek tersebut,” ungkap Eko.

Namun, ternyata Surono cuma berdalih. Kenyataannya, uang Supini digunakan untuk membayar makanan dan minuman pada pedagang angkringan di kawasan Tanjung Emas.

“Kami sudah minta keterangan pedagang angkringan itu. Uang digunakan untuk membayar makanan dan minuman pria tersebut setiap harinya,” ujar Eko.

Menurut Eko, sebagian besar kebutuhan sehari-hari Surono diambil dari uang Supini. Eko melihat ada unsur ekspoitasi terhadap Supini dan Surono harus mendapat proses hukum.

“Proses hukum terhadap Surono terus berlanjut. Kami juga menyita barang bukti uang Rp600 ribu,” jelas Eko seraya menambahkan Surono terancam hukuman paling lama enam tahun penjara.(mb/okezone)

Related posts