Angkasa Pura I Siapkan Rp 17 Triliun Kembangkan Bandara di RI

Metrobatam, Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I mengalokasikan Rp 17 triliun untuk pengembangan dan perluasan bandara di tahun ini. Belum diketahui dengan pasti berapa kebutuhan dana untuk masing-masing pengembangan dan perluasan bandara.

“Tahun ini kita perkirakan anggaran sekarang di-spending Rp 17 triliun, bisa dikerjakan. Beda-beda karena atu perluasan dan pengembangan,” tutur Direktur Utama Angkasa Pura I Danang Baskoro di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa (18/4).

Dana sebesar Rp 17 triliun digelontorkan perseroan dari kas internal, pinjaman perbankan, hingga dana hasil penerbitan obligasi. Danang pun enggan merinci dengan jelas berapa porsi dari masing-masing sumber pendanaan.

Sampai saat ini, perseroan masih menunggu waktu yang tepat untuk menarik pinjaman dari bank atau bahkan menerbitkan obligasi.

Bacaan Lainnya

“Itu ada dari obligasi dan perbankan. Internal sedikit, enggak bisa sampai situ. Kita tunggu timing yang tepat, enggak bisa saya jauh-jauh hari ngomong proporsionalnya mau obligasi sekian karena pada saatnya nanti banyak BUMN terbitkan obligasi,” ujar Danang.

Sedangkan untuk pinjaman dari perbankan, Danang mengungkapkan bahwa pihaknya tengah melirik beberapa bank dalam negeri. Namun, ia pun enggan merinci berapa target pinjaman yang akan diajukan ke bank untuk pengembangan dan perluasan bandara.

“Saya juga enggak berani tentukan berapa, karena jumlahnya gede. Bank nasional semuanya,” tutup Danang. (mb/detik)

Pos terkait