Kredit macet di Uni Eropa Capai 1,06 Triliun Dolar AS

Bendera Uni Eropa (REUTERS/Paul Hackett/File Photo)

Metrobatam.com, Valleta – Kredit macet (non-performing loan/NPL) di Uni Eropa mencapai sebesar lebih dari satu triliun euro (1,06 triliun dolar AS), dan telah menjadi agenda utama pada pertemuan informal para menteri ekonomi dan keuangan Uni Eropa di Malta pada Jumat (7/4).

Meskipun kredit macet tampaknya terkonsentrasi di beberapa negara anggota, resolusi akan bermanfaat bagi Uni Eropa secara keseluruhan, kata Menteri Keuangan Malta, Edward Scicluna.

Bacaan Lainnya

Mengingat jumlahnya yang relatif besar, masalah NPL tidak akan bisa diselesaikan sendiri tanpa tindakan yang komprehensif. Sebuah subkelompok telah bekerja menangani masalah ini dan telah ditugaskan untuk menyelesaikan laporannya pada pertemuan berikutnya Juni, di mana strategi akan disepakati dan dilaksanakan.

Vitor Constancio, wakil presiden Bank Sentral Eropa (ECB), menyatakan bahwa bimbingan kepada bank-bank telah diterbitkan mengenai praktek-praktek terbaik dalam menangani NPL dan menyiapkan target untuk menguranginya. Namun diakui bahwa banyak tindakan lain yang diperlukan untuk menangani masalah ini. Demikian laporan Xinhua.

antara

Pos terkait