Tak Punya Tujuan Jelas, 5 WNA Ditolak Masuk Indonesia

Metrobatam, Jakarta – Kantor Imigrasi (Kanim) Bandara Soekarno-Hatta menolak 5 warga negara asing (WNA) yang hendak masuk ke Indonesia. Mereka ditolak karena tidak memiliki tujuan jelas datang ke Indonesia.

Warga negara asing yang ditolak berasal dari Maroko, Mali-Afrika Barat, Iran, dan dua warga negara Bangladesh. Kelima warga asing itu berinisal RC asal Maroko, MS asal Bamako-Mali, S warga negara Iran, serta M dan MM yang berasal dari Bangladesh.

“Mereka tidak dapat memberikan keterangan yang jelas mengenai maksud dan tujuan kedatangannya ke Indonesia. Maka tindakan keimigrasian adalah menolak kedatangan mereka,” ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/4).

Khawatir mereka bisa menimbulkan masalah, maka Kanim memutuskan untuk memulangkan kembali ke emberkasi awal dengan pesawat yang sama. Tindakan itu diambil sebagai langkah preventif keamanan imigrasi Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Tindakan tegas keimigrasian tersebu diambil sebagai upaya pencegahan agar keamanan dan kepentingan nasional dapat terjaga, khususnya gangguan dari orang-orang asing yang tidak bermanfaat,” tutup Agung.

Sebelumnya Kanim Bandara Soekarno-Hatta, juga sudah sempat menolak masuk dua orang warga negara China yang masuk Indonesia melalui Batam, Kepulauan Riau. Keduanya telah dipulangkan dengan alat angkut yang sama melalui TPI Batam Center.(mb/detik)

Pos terkait