oleh

321 Calon Bintara AL dan 33 Calon Taruna AAL Asal Kepri, Siap Bersaing

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Sebanyak 33 orang pemuda asal Provinsi Kepulauan Riau akan bersaing ketat mengikuti seleksi penerimaan Taruna Akademi Angkatan Laut.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno, di Tanjungpinang, Kepri, Sabtu, mengatakan selain 33 calon taruna itu, sebanyak 321 pemuda asal Kepri juga bersaing ketat untuk lulus Bintara TNI AL.

“Dalam catatan kami, persentase animo pemuda-pemudi Kepri mengalami peningkatan. Hal ini mengindikasikan bahwa minat putra asal Kepri setiap tahun mengalami peningkatan,” ujarnya, yang juga Ketua Panitia Daerah Penerimaan Taruna dan Bintara TNI AL.

Eko mengungkapkan sejumlah calon taruna dan calon bintara tahun ini memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional dalam sejumlah cabang olah raga seperti menembak, karate, silat, dayung dan sepak takraw. Prestasi tersebut menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam penilaian tim panitia.

“Panitia tetap mempunyai standar yang dipersyaratkan oleh TNI AL. Salah satu bahan pertimbangan yakni prestasi calon taruna dan bintara,” ucapnya.

Menurut dia, rekrutmen calon prajurit TNI AL dilakukan secara transparan. Calon taruna dan bintara akan mengikuti seleksi administrasi, pemeriksaan kesehatan pertama dan kedua, samapta, psikologi pertama dan kedua, mental ideologi, pemeriksaan administrasi akhir dan pantukhir daerah.

Selama penyeleksian, calon taruna dan bintara tidak dikenakan biaya. Panitia juga menyediakan tempat tinggal untuk peserta.

Bila calon dinyatakan lulus seleksi daerah, selanjutnya akan dikirim ke Malang, Jawa Timur untuk mengikuti seleksi tingkat pusat.

“Selama seleksi agar jangan mudah terpengaruh ataupun diiming-imingi oleh siapapun orangnya untuk membantu kelulusan. Abaikan saja. Lebih baik fokus dan percaya diri,” imbaunya kepada calon taruna dan bintara.

Antara

News Feed