Hasil Rakernas, Demokrat Usung Agus Harimurti Yudhoyono Capres 2019

Metrobatam, Jakarta – Partai Demokrat baru saja menggelar Rakernas di Lombok, NTB. Hasil Rakernas memutuskan Demokrat akan mengusung kader partai dalam pemilihan presiden 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat, Agus Hermanto di Gedung DPR, Kompleks parlemen, Senayan, Rabu (10/5). Keputusan tersebut berkaca pada Pilpres 2014 yang lalu.

“Keputusan Rakernas PD, di dalam pemilu dan Pilpres 2019 sudah dipastikan akan mengusung baik presiden dan wakil presiden dari kader PD. Kenapa, karena memang pengalaman kita di 2014, suara PD kan menurun, ini di antaranya kita tidak mengajukan capres atau cawapres,” kata Agus.

Nama Agus Harimurti Yudhoyono menjadi sosok paling populer di internal PD untuk diusung menjadi capres ataupun cawapres di 2019. Mantan Cagub DKI itu disebut mampu mendulang suara yang tinggi dalam pemilihan presiden mendatang.

Bacaan Lainnya

“Di akar rumput, di kader, lebih banyak yang hampir seluruhnya mengusulkan Mas AHY jadi salah satu kandidat capres ataupun cawapres. Ini diharapkan akan mendulang suara PD,” sebut Agus Hermanto.

Meski saat ini Agus belum menjadi kader, internal partai menurutnya telah sangat mengenal sosok putra sulung Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ini. Pilkada DKI disebut sebagai momen Agus memperkenalkan diri ke publik Indonesia.

“Dari intern kader, kan (AHY) sudah sering bergaul, sudah sering juga menyampaikan hal yang ada namun baru saja beliau mencalonkan di gubernur DKI namun ternyata hikmahnya tinggi, sekarang di Indonesia cukup mengenal (AHY). Mulai lah kader memposisikan AHY dikenalkan, masih taraf itu,” ungkapnya.

Meski demikian, Demokrat masih memantapkan strategi dalam menyambut pemilihan kepala negara mendatang. Revisi UU Pemilu yang sedang digodok menjadi salah satu acuan partai dalam menentukan sikap.

“UU Pemilu sangat fundamentalis, barangkali punya kesulitan cukup tinggi karena baru pertama kita pileg dan pilpres berbarengan. Kita tetap menunggu dari UU tersebut, bagaimana hal yang ada di sana,” terang Agus.

“Apakah treshold nol persen, 20 persen, itu strategi PD. Kita harus menyiapkan capres, cawapres, atau bahkan capres dan cawapres sendiri,” sambung Wakil Ketua DPR itu. (mb/detik)

Pos terkait