oleh

Mau ke Timur Tengah, 8 Calon TKI Ilegal Ditangkap Imigrasi

Metrobatam, Entikong – Imigrasi Kelas II Entikong, Kalimantan Barat, mencegah keberangkatan 22 calon tenaga kerja Indonesia (TKI) illegal asal Makasar, Jawa Timur, dan Mataram. Delapan di antara mereka hendak ke Timur Tengah melalui Malaysia.

“Mereka ini diduga kuat akan bekerja tanpa dokumen resmi, ada juga yang akan ke Timur Tengah,” kata Kepala Kantor Imigrasi Entikong, Herri Prihatin, Kamis (4/5).

Menurutnya, ke 22 calon TKI itu memilih jalur alternatif via darat untuk ke Malaysia untuk menghindari pemeriksaan ketat di bandara. “22 orang calon TKI non prosedural ini diamankan dalam waktu yang berbeda tetapi dihari yang sama,” ujar Herri.

Para calon TKI itu berangkat terbang dari Jakarta ke Pontianak, kemudian menuju ke Entikong menggunakan bus antarnegara. Mereka tak kenal penjemputnya. “Di situ sulitnya mengungkapkan jaringan pengiriman TKI non prosedural ini,” katanya.

“Malaysia hanya menjadi tempat transit calon TKI non prosedural sambil menunggu keberangkatan ke Arab Saudi,” tutur Herri.

Sejak Febuari hingga Mei 2017, sudah 29 calon TKI ilegal yang ditunda keberangkatanya dari PLBN Entikong.(mb/okezone)

News Feed