Oknum Kemenhub di Tanjungpinang Ditangkap Tim Saber Pungli

Metrobatam, Tanjungpinang – Oknum pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) di Tanjungpinang, Kepri ditangkap tim Saber Pungli. Oknum tersebut diduga melakukan pungli kepada agen kapal.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro membenarkan hal itu kepada wartawan, Senin (1/5). Joko menjelaskan, penangkapan oknum PNS Kemenhub ini dilakukan di pos domestik keberangkatan kapal di Pelabuhan Seri Bintan Pura sekitar pukul 14.00 WIB. Oknum berinisial HPS tersebut diduga sering melakukan pungli ke pihak kapal.

“Oknum tersebut tertangkap tangan saat melakukan pungli kepada agen kapal,” kata Joko.

Dari tangan pelaku, kata Joko, diamankan barang bukti pungli dari sejumlah agen kapal yakni uang Rp 2,6 juta. Dalam operasi ini, selain mengamankan satu oknum PNS, ada juga empat orang saksi lagi yang dimintai keterangan.

Bacaan Lainnya

“Saat ini empat orang saksi masih dilakukan pemeriksaan, termasuk pelaku,” kata Joko.

Modus melakukan pungli ini, kata Joko, oknum KSOP tersebut selalu minta uang setoran kepada agen kapal. Alasannya, uang tersebut sebagai biaya checking kapal, dan checking penumpang.

“Apabila para agen tidak memberikan sejumlah uang, maka akan dipersulit oleh oknum pegawai syahbandar. Sehingga para agen mau tidak mau menyerahkan sejumlah uang kepada oknum tersebut,” tutup Joko.(mb/detik)

Pos terkait