Tahun Ini, Kementerian PUPR Perbaiki dan Lebarkan 170 Km Jalan Kota Batam

Jalan di kota Batam ( Foto : Net)

Metrobatam.com, Batam – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun ini melakukan perbaikan dan pelebaran jalan sepanjang 170 km di penjuru Kota Batam Kepulauan Riau.

Kepala Balai Pelaksanan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR Junaidi di Batam, Jumat, menyatakan pemerintah menyiapkan dana Rp130 miliar untuk perbaikan dan pelebaran jalan.

Pekerjaan perbaikan dan perawatan jalan yang dikerjakan tahun ini di antaranya sepanjang Tanjung Uncang-Simpang Kabil-Nongsa-Tembesi- Pulau Galang. “Ini anggarannya Rp18 miliar,” kata dia.

Kementerian PUPR juga melakukan perbaikan dan perawatan Jembatan Fisabilillah yang lebih dikenal dengan Jembatan I Barelang dan pelebaran jalan di Simpang KDA.

Bacaan Lainnya

“Jembatan Barelang ada rehabilitasi sedikit karena kabelnya,” kata dia.

Selain perbaikan dan pelebaran jalan, ia memastikan Kementerian PUPR juga membangun berbagai infrastruktir di Batam, di antaranya melanjutkan pembangunan fasilitas air bersih Waduk Sei Gong di Pulau Galang dengan anggaran Rp340 miliar.

Kemudian pembangunan jalan layang Simpang Jam senilai Rp152 miliar dan melanjutkan pembangunan Kebun Raya Batam di Nongsa.

Tidak hanya di Batam, Kementerian PUPR juga membangun fasilitas air bersih di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Bintan, Kepri.

Kementerian membangun irigrasi di Kelarik, Natuna dan sebuah embung kecil untuk menambah pasokan air baku di Bintan.

“Infrastruktur pariwisata juga tetap menjadi perhatian. Kementerian pariwisata sudah menyiapkan berbagai program pendukung pariwisata dari hulu hingga hilir. Di hilir, Kementerian PU memperbaiki infrastruktur, khususnya di daerah destinasi pariwisata,” kata dia.

Kementerian PUPR juga membangun Rumah Susun Asrama Mahasiswa di lingkungan kampus Batam Tourism Politecnic (BTP) yang peletakan batu pertamanya dilakukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (5/5).

Antara

Pos terkait