WhatsApp Tumbang di Seluruh Dunia, Zuckerberg Minta Maaf

Metrobatam, Jakarta – Aplikasi pesan instan WhatsApp dilaporkan sempat mengalami gangguan. Tak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Hampir semua media teknologi dari penjuru mancanegara melaporkan kejadian ini secara serentak. Keluhan di media sosial seperti Facebook dan Twitter pun membludak.

Kejadian tumbangnya layanan WhatsApp ini pun diakui oleh Facebook, sang pemilik layanan, melalui laman utamanya di media sosial.

“WhatsApp tengah mengalami gangguan secara global dan saat ini sedang ditangani sesegera mungkin,” tulis Facebook Inc seperti dikutip detikINET, Kamis (4/5).

Juru bicara perusahaan media sosial ini juga membenarkan gangguan tersebut, tetapi tidak mengungkapkan secara detail wilayah mana saja yang terkena dampak. “WhatsApp tak berfungsi di beberapa bagian India, Kanada, Amerika Serikat dan Brasil,” tulis Reuters.

Bacaan Lainnya

Dilaporkan, WhatsApp sedang tak bisa digunakan pada ponsel yang menggunakan sistem operasi iOS, Android, maupun Windows mobile.

Sementara dari laporan yang diterima detikINET via email ke redaksi, WhatsApp sempat tumbang sejak subuh pagi ini di Indonesia. Namun saat berita ini diturunkan, aplikasi WhatsApp ini mulai berfungsi normal kembali.

Mereka yang sempat kesulitan menerima dan mengirim pesan melakukan komplain di media sosial, salah satunya adalah di akun resmi milik Mark Zuckerberg. Awalnya, CEO dan pendiri jejaring sosial terbesar di dunia itu mengumumkan pencapaian jumlah pengguna layanan di bawah Facebook, termasuk Instagram dan WhatsApp.

Postingan prestasi itu langsung diserbu komentara mengenai layanan WhatsApp yang tak bisa diakses. “Di Brasil, kami tidak bisa menggunakan WhatsApp, apa yang terjadi,” tulis akun Castro de Leo.

Mendapat bombardir pesan serupa di postingannya, Zuck pun langsung menanggapinya dengan menyampaikan permohonan maaf.

Kami sedang dalam proses memperbaikinya. Kami mohon maaf atas kejadian tak menyenangkan ini,” balas miliuner muda tersebut.

Matinya layanan WhatsApp ini paling banyak terjadi di Eropa bagian barat, pesisir timur Amerika Serikat, dan Amerika Selatan. Di luar wilayah itu, ada pula beberapa negara yang turut kesulitan mengakses WhatsApp.

Bukti lumpuhnya WhatsApp ini bisa dilihat dari situs Down Detector. Down Detector mencatat gangguan pada WhatsApp terjadi sejak Rabu, pukul 16.10 EDT atau sekitar Kamis, pukul 03.00 WIB. Pada peta yang mereka rilis, tampak wilayah-wilayah yang tak bisa mengakses WhatsApp dengan intensitas yang berbeda.

Melihat peta tersebut, wilayah sekitar Jakarta turut kena imbas meski dengan intensitas yang biasa saja. Sementara di kawasan Asia Tenggara, Singapura dan Filipina mengalami masalah yang sama. Namun dalam peta Down Detector, intensitas WhatsApp lumpuh di Singapura jauh lebih hebat dibanding Jakarta atau Filipina.

Ada kemungkinan masalah di WhatsApp ini begitu masif sehingga pemulihannya butuh waktu dan menimpa banyak wilayah. Masalah server ditengarai penyebab matinya layanan WhatsApp. (mb/detik/cnn indonesia)

Pos terkait