Menginjak Kepala Anak, Ritual Suci dari India

Metrobatam.com, Kolkata – Berbagai ritual dan upacara di dunia patut kita ketahui. Salah satunya adalah di India, meminta pendeta untuk menginjak kepala anak supaya diberi keberkatan hidup.

India merupakan negara yang sangat kental dengan budaya Hindu dan Budha. Beragam upacara dan ritual dilakukan untuk menghormati dewa-dewa yang menjadi kepercayaan mereka.

Dilansir detikTravel dari situs Reuters, Senin (31/7) di India terdapat Festival Siwa Gajan. Festival ini merupakan ritual tahunan umat Hindu di Kolkata.

Salah satu prosesi festival ini adalah meminta orang suci atau pendeta menyentuh kepala, wajah, pundak, perut dan lengan anak dengan kaki. Ritual ini dilakukan supaya anak diberkati kemakmuran dan kesuksesan di masa depan.

Bacaan Lainnya

Nantinya para ibu akan menggendong anaknya dan membaringkannya berjajaran di jalanan lokasi festival. Para pendeta yang memakai kalung bunga akan meletakan kakinya di kepala dan beberapa bagian tubuh si anak sambil membacakan doa-doa.

Festival ini dirayakan setiap tahun di Bengal Barat dan Tripura. Biasanya dilakukan sehari sebelum berakhirnya kelender Bengali. Para pemuja nantinya akan memanjatkan doa-doa untuk kenikmatan dan harapan mereka di dengar oleh dewa.

Nah, traveler jangan kaget jika melihat anak-anak yang kepalanya di injak di festival di India ini ya. Itu merupakan salah satu ritual suci untuk memperoleh keberuntungan. (mb/detik)

Pos terkait