Astaga! Longsor Landa 4 Kecamatan di Cianjur

Metrobata, Cianjur – Longsor terjadi di wilayah empat kecamatan di Cianjur selatan, Jawa Barat, setelah wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak dua hari terakhir.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengatakan, longsor terjadi di Kecamatan Sindangbarang, Tanggeung, Cibinong, dan Takokak. Untuk Kecamatan Takokak, pergerakan tanah namun berpotensi longsor, sedangkan yang terbaru longsor terjadi di Muara Cikadu, Kecamatan Sindangbaran.

“Longsor di Muara Cikadu-Sindangbarang, terjadi Minggu pagi, menyebabkan dua rumah rusak berat dan belasan lainnya terancam. Kami sudah mengirim tim untuk membatu warga dan melakukan pendataan,” katanya di Cianjur, Minggu (1/10).

Dia menjelaskan, di Kecamatan Sindangbarang, Cibinong dan Tanggeung sudah berupa longsoran besar yang menimbun pemukiman, sehingga menyebabkan puluhan rumah rusak, sedangkan di Takokak masih pergerakan yang menyebar di Desa Waringinsari.

Bacaan Lainnya

Dia menilai pergerakan dan tanah longsor diperkirakan akan terus berlangsung, mengingat hujan masih terjadi dan diperkirakan sampai beberapa hari ke depan.

“Seperti di Takokak berpotensi jadi beberapa titik longsor, sebab pergerakan dan retakan tanah sudah besar, ketika terguyur hujan bisa longsor,” katanya.

Hingga saat Ini, tutur dia, pihaknya belum mendapat laporan adanya korban jiwa dalam kejadian longsor dan pergerakan tanah tersebut, namun ratusan keluarga diungsikan ke rumah tetangga dan gedung yang disiapkan untuk evakuasi.

Sementara itu, Kepala BPBD Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, BPBD belum mendapatkan surat edaran maupun perintah siaga dari BMKG untuk indikator menjelang kondisi cuaca musim hujan. Namun pihaknya selalu menyiagakan petugas selama 24 jam dalam penaggulangan bencana.

“Tahun ini cuaca tidak bisa diprediksi, meskipun saat ini masih kemarau, tapi sudah terjadi hujan akibat cuaca ekstrem. Dalam waktu dekat BPBD akan mengajukan surat edaran terkait kesiapsiagaan bencana dari Pemkab Cianjur,” katanya. (mb/okezone)

Pos terkait