City Permalukan Chelsea 1-0 di Stamford Bridge

London – Manchester City keluar sebagai pemenang pada big match di kandang Chelsea. The Citizens mengalahkan sang juara bertahan dengan skor tipis 1-0.

Kevin De Bruyne tampil sebagai penentu kemenangan City pada pertandingan di Stamford Bridge, Sabtu (30/9). Gol tunggal De Bruyne pada menit ke-67 menjadi pembeda nasib kedua tim.

Pada pertandingan ini, Chelsea dan City tak tampil dengan kekuatan terbaiknya. Chelsea kehilangan David Luiz yang terkena skorsing. Sementara itu, City tak bisa memainkan Vincent Kompany, Benjamin Mendy, dan Sergio Aguero.

City mendominasi penguasaan bola sejak awal hingga akhir. Tim tamu juga menciptakan lebih banyak peluang daripada Chelsea.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, pada akhirnya hanya satu gol yang tercipta. Tembakan keras De Bruyne pada babak kedua memastikan City pulang dengan poin penuh.

Kemenangan ini mengembalikan City ke puncak klasemen sementara Premier League dengan perolehan 19 poin dari tujuh laga. City unggul selisih gol atas Manchester United yang turun ke posisi kedua. Adapun Chelsea menempati posisi keempat dengan 13 poin.

Jalannya Pertandingan

Chelsea mendapatkan peluang pertama melalui Alvaro Morata yang menyundul umpan silang dari N’Golo Kante. Namun, sundulan Morata tak mengarah ke sasaran dan melebar.

Tak berselang lama, City merespons. Tendangan bebas Kevin De Bruyne mengarah ke gawang Chelsea, tapi bisa diantisipasi oleh Thibaut Courtois dengan mudah.

Courtois melakukan kecerobohan yang nyaris berakibat fatal pada menit ke-12. Dia tak segera membuang bola backpass dari rekannya dan ditekan oleh Gabriel Jesus. Begitu Courtois membuang bola, tendangannya mengenai badan Gabriel Jesus. Beruntung buat Chelsea, bola keluar lapangan dan tak berbalik ke gawang mereka.

Cesar Azpilicueta berpeluang mencetak gol pada menit ke-26. Tembakannya memaksa kiper City, Ederson Moraes, menjatuhkan diri untuk menepis bola.

Berselang tiga menit, gantian City yang mengancam gawang Chelsea lewat David Silva. Namun, tembakan keras Silva bisa dimentahkan oleh Courtois.

Sejak menit ke-35, Chelsea kehilangan Morata. Morata meninggalkan lapangan karena cedera. Menariknya, Antonio Conte lebih memilih untuk memasukkan Willian meski masih punya Michy Batshuayi di bangku cadangan.

Courtois membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-45. Kiper asal Belgia itu menunjukkan refleks luar biasa untuk menepis bola sundulan Fernandinho yang berawal dari situasi sepak pojok. Tak berselang lama, babak pertama berakhir dengan skor masih 0-0.

City tetap memegang kendali permainan pada awal babak kedua. Tim tamu mendapatkan peluang lewat Raheem Sterling pada menit ke-54, tapi tembakan Sterling masih jauh dari sasaran.

Chelsea berbalik mengancam pada menit ke-61. Berawal dari situasi bola mati, Eden Hazard melepaskan tembakan dari sudut sempit. Ederson dengan sigap menepisnya.

Berselang enam menit, kebuntuan terpecahkan. De Bruyne membawa City memimpin 1-0 lewat golnya.

Usai menerima operan dari Nicolas Otamendi, De Bruyne melakukan umpan satu-dua dengan Gabriel Jesus dan mendekati kotak penalti. Dia mengakhiri aksinya dengan tembakan keras kaki kiri yang merobek gawang Chelsea.

Conte langsung bereaksi setelah timnya tertinggal. Untuk menambah daya gedor, dia memasukkan Pedro Rodriguez dan Batshuayi.

Gabriel Jesus nyaris memperbesar keunggulan City pada menit ke-85. Dia menyambar umpan Sterling dengan sebuah tembakan voli. Tembakannya berada di luar jangkauan Courtois, tapi masih ada Antonio Ruediger yang menghalangi bola masuk gawang.

Chelsea berpeluang menyamakan skor di menit ke-90. Andreas Christensen menyundul bola tendangan bebas Cesc Fabregas, tapi arahnya masih melambung.

Susunan Pemain

Chelsea: Courtois; Ruediger, Christensen, Cahill; Azpilicueta, Kante, Bakayoko (Batshuayi 73′), Marcos Alonso; Fabregas, Hazard (Pedro 72′); Morata (Willian 35′)

Manchester City: Ederson; Walker, Stones, Otamendi, Delph; Fernandinho, De Bruyne (Danilo 90+3′), David Silva (Bernardo Silva 76′); Sane (Guendogan 84′), Sterling, Gabriel Jesus. (mb/detik)

Pos terkait