Kualifikasi Piala Dunia: Kalahkan Swiss, Portugal Lolos ke Putaran Final Piala Dunia

Lisbon – Portugal sukses merebut tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2018 di laga terakhir kualifikasi. Mereka mendepak Swiss dari puncak klasemen dengan kemenangan 2-0.

Menjamu Swiss di Estadio da Luz, Rabu (11/10) dinihari WIB, Portugal dalam posisi tertinggal tiga poin di posisi dua klasemen Grup B. Mereka masih punya kans merebut posisi teratas karena punya selisih gol jauh lebih baik dari tamunya tersebut.

Portugal pun memulai dengan menekan agresif. Peluang pertama didapatkan Andre Silva di menit keenam saat menyambar umpan Joao Mario, tapi sepakannya bisa diantisipasi oleh Yann Sommer.

Tuan rumah pada prosesnya kesulitan membongkar pertahanan Swiss. Beberapa upaya dari sayap selalu kandas. Umpan-umpan silang Portugal bisa dihalau, sementara usaha untuk melakukan tusukan ke tengah terganjal disiplinnya para pemain Swiss.

Bacaan Lainnya

Di menit ke-32, Portugal mendapatkan peluang bagus. Joao Moutinho bisa mempertahankan bola di depan kotak penalti dan mengoper ke Bernardo Silva yang lolos dari pengawalan di sisi kiri. Silva mengarahkan tendangan keras, namun bisa ditepis Sommer.

Upaya Portugal membongkar pertahanan Swiss membuahkan hasil di menit ke-41. Umpan silang Eliseu dari sisi kiri gagal dipotong oleh Sommer. Bola lalu mengenai Johan Djorou dan masuk ke gawangnya sendiri.

Swiss mencoba merespons. Sontekan Haris Seferovic menyambut umpan silang Stephan Lichtsteiner dari sisi kanan cuma melebar. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Portugal.

Swiss mencoba bermain lebih agresif di babak kedua. Percobaan Xherdan Shaqiri di menit ke-51 bisa diamankan dengan mudah oleh Rui Patricio.

Di menit ke-57, Swiss malah mendapatkan pukulan lainnya. Silva menerima umpan terobosan dari Moutinho di sisi kanan, lalu mengirimkan umpan silang ke tiang jauh. Bola diterima Andre Silva, yang dengan mudah menceploskannya ke gawang.

Swiss balas mengancam di menit ke-67. Shaqiri melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti dan bola coba dibelokkan Seferovic, namun melebar dari gawang.

Portugal mendapatkan peluang di menit ke-80, saat Pepe mendapatkan bola liar di dalam kotak penalti. Tendangannya mengarah tepat ke Sommer.

Semenit berselang, Ronaldo membuang peluang emas. Dia berhadapan satu lawan satu dengan Sommer, tapi kehilangan momentum karena terlalu lama menahan bola. Sommer menerjang bola dan mengamankannya dari kakinya.

Meski Swiss berupaya menyerang lebih agresif, Portugal relatif nyaman mengontrol pertandingan. Serangan Swiss mudah dipatahkan karena tak banyak pemain terlibat di sepertiga akhir.

Di masa injury time, Portugal membangun serangan apik lewat serangan balik. Tapi Silva gagal memaksimalkannya setelah tendangannya membentur bek Swiss. Laga berakhir tak lama berselang.

Dengan kemenangan ini, Portugal merebut posisi teratas Grup B dengan nilai 27 dari 10 pertandingan. Swiss harus puas finis runner-up dan akan memperjuangkan tiket ke Rusia tahun depan dari jalur play-off.

Susunan pemain:

Portugal: Patricio; Cedric, Pepe, Fonte, Eliseu (Antunes 68′); B.Silva, Carvalho, Moutinho, Mario (Pereira 91′); A.Silva (Gomes 75′), Ronaldo

Swiss: Sommer; Lichtsteiner, Schar, Djourou, Rodriguez; Freuler (Zakaria 46′), Xhaka; Shaqiri, Dzemaili (Zuber 66′), Mehmedi (Embolo 66′); Seferovic. (mb/detik)

Pos terkait