Pangeran Arab Beli Rumah Termahal di Dunia Rp 4,3 Triliun

Metrobatam, Jakarta – Pada 2015 lalu ada sebuah rumah mewah di Prancis yang terjual seharga 275 juta euro atau US$ 320 juta atau juga setara Rp 4,32 triliun (kurs Rp 13.500). Namun saat itu pembelinya masih misterius.

Pembeli misterius itu pun sudah terungkap yakni Pangeran Mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman. Melansir BBC, Selasa (19/12), terungkapnya nama Pangeran Arab Saudi itu ketika ditelusuri dari sebuah perusahaan cangkang yang dimiliki sang pangeran.

Rumah yang didapuk sebagai rumah termahal di dunia itu memiliki gudang anggur, bioskop, parit dengan aneka ikan seperti koi dan sturgeon, serta ruang bawah tanah.

Rumah bernama Chateau Louis XIV itu merupakan istana yang dibangun dari abad ke-17. Rumah itu dibangun dengan gaya serupa dengan istana yang terdekat di Versailles.

Bacaan Lainnya

Nama Mohammed Bin Salman terungkap setelah diberitakan oleh New York Times. Namun pihak pemerintah Arab Saudi masih belum berkomentar.

New York Times juga melaporkan bahwa sang pangeran membeli lukisan Leonardo da Vinci Salvator Mundi di harga US$ 450 juta setara Rp 6,07 triliun. Lukisan itu akan dipajang di Louvre Abu Dhabi yang baru.

Awalnya pembelinya anonim dicurigai bukan pangeran yang sama, namun sebuah surat kabar mengungkapkan bahwa itu dibeli oleh Pangeran Muhammad Bin Salman.

Pada tahun 2015, Pangeran Muhammad juga dilaporkan membeli sebuah kapal pesiar dari seorang pengusaha Rusia seharga US$ 590 juta.

Dalam beberapa bulan terakhir, nama Pangeran Muhammad menyeruak di media atas niatannya memberantas korupsi dengan cara menciduk beberapa anggota keluarga kerajaan Arab Saudi. (mb/detik)

Pos terkait