Kota Batam Terima Rp24 Miliar DAK Kesehatan dari Pemerintah Pusat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi (foto : MCBatam)

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah pusat memberi dana alokasi khusus (DAK) bidang kesehatan untuk Kota Batam sebesar Rp 24 miliar. Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk operasional kesehatan dan pembangunan fisik sarana kesehatan.

“Untuk pembangunan fisik sebesar Rp 6,5 miliar. Akan digunakan untuk membangun instalasi pengolahan air limbah di tujuh puskesmas dan revitalisasi Puskesmas Lubukbaja,” kata Didi di Sekupang, beberapa waktu lalu.

Puskesmas Lubukbaja, kata Didi, akan didesain ulang menjadi dua lantai. Tujuan revitalisasi adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

DAK 2018 ini juga akan dimanfaatkan untuk akreditasi empat puskesmas. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 3,7 miliar.

Bacaan Lainnya

“Tahun lalu baru ada tiga puskesmas yang diakreditasi. Alhamdulillah tahun ini kami dapat empat puskesmas yang akan diakreditasi,” ujarnya.

Sementara DAK untuk bantuan operasional kesehatan (BOK) dianggarkan sebesar Rp 3 miliar. Dana ini digunakan untuk operasional transportasi, honor-honor, dan semua kegiatan yang menunjang pelayanan puskesmas.

Didi menambahkan, DAK tahun ini juga dipakai untuk pengadaan obat bagi 19 puskesmas di Kota Batam. Nilai dana yang dibantu pusat yaitu sebesar Rp 12 miliar. Angka ini meningkat Rp 3 miliar dari tahun sebelumnya.

“Bertambah karena ada penambahan puskesmas yang mulai beroperasi tahun ini,” kata dia.

 

Sumber : MCBatam

Pos terkait