Liverpool Ditumbangkan Tim Juru Kunci

Metrobatam.com, Swansea – Rangkaian kemenangan Liverpool berakhir. Liverpool menderita kekalahan 0-1 dalam lawatannya ke markas tim juru kunci, Swansea City.

Pada pertandingan di Liberty Stadium, Selasa (23/1) dinihari WIB, bek Swansea Alfie Mawson menentukan kekalahan Liverpool. Mawson mencetak satu-satunya gol tim tuan rumah di akhir babak pertama.

Hasil ini menandai berakhirnya laju tidak terkalahkan Liverpool yang berjalan selama 18 pertandingan, termasuk kemenangan berturut-turut di lima laga terakhir. Kekalahan terakhir Si Merah diderita saat dihajar Tottenham Hotspur 1-4 pada Oktober 2017.

Dengan kekalahan ini, Liverpool tetap di peringkat keempat dengan 47 poin sekaligus gagal membayangi Chelsea yang unggul tiga angka. Sementara Swansea masih terkubur di dasar klasemen dengan 20 poin.

Bacaan Lainnya

Jalannya Pertandingan

Liverpool menguasai bola di awal babak pertama. Namun, peluang nyata pertama baru tercipta di menit ke-14. Sapuan Alfie Mawson mengarah tepat kepada Roberto Firmino. Penyerang Liverpool itu bereaksi cepat dan melepaskan sepakan ke arah gawang, tapi belum menemui sasaran.

Sembilan menit kemudian, Liverpool kembali mengancam. Diawali dari sepak pojok, Virgil van Dijk menyambut bola dengan sundulan yang melebar tipis dari gawang Swansea City.

Sebuah peluang emas dilewatkan Mohamed Salah menjelang pertandingan memasuki setengah jam. Van Dijk mengirim umpan lambung apik ke depan, yang diterima Salah dalam posisi bagus. Sayang penyelesaian Salah cuma melambung di atas gawang.

Swansea mengejutkan Liverpool dengan mencetak gol di menit ke-40. Sundulan Van Dijk mengamankan sepak pojok memantul kepada Federico Fernandez, Mawson tidak menyia-nyiakannya dengan melepaskan sepakan dari dalam kotak yang bersarang di sudut bawah gawang Loris Karius. Swansea memimpin 1-0.

Di masa injury time, Liverpool melewatkan peluang mencetak gol balasan. Salah menerima umpan matang dari belakang lalu mengirim bola lambung kepada Mane dengan tembakan voli yang melebar.

Setelah turun minum, Liverpool masih kesulitan menciptakan gol balasan. Naughton melakukan intersepsi krusial untuk menggagalkan Nathan Robertson melakukan tembakan jarak dekat.

Saat pertandingan memasuki sejam, Lukasz Fabianski membuat penyelamatan bagus. Fabianski menghalau tembakan bebas Salah ke atas gawang.

Liverpool kemudian memasukkan Danny Ings untuk menambah daya gedor. Di menit ke-78, Ings mendapatkan ruang tembak setelah mengalahkan penjagaan Van der Hoorn, tapi Fabianski masih bisa meredam.

Liverpool mulai kehabisan ide. Mereka mengurung Swansea namun gagal memaksimalkan peluang-peluang di momen kritis.

Di penghujung injury time, Liverpool nyaris mencetak gol penyama. Sodoran Adam Lallana kepada Salah hanya bersarang di samping luar gawang Swansea.

Lalu dari sepak pojok, Firmino melakukan sundulan yang berada di luar jangkauan Fabianski tapi bola hanya membentur tiang gawang. Lallana gagal memanfaatkan bola rebound, usai sepakannya melambung tinggi. Pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Swansea tidak berubah.

Susunan Pemain

SWANSEA CITY: Fabianski, Martin Olsson, Naughton, Fernandez, Van der Hoorn, Mawson, Dyer (Carroll 64′), Fer, Ki, Clucas, Ayew (Bony 79′)

LIVERPOOL: Karius, Matip, Van Dijk, Robertson, Gomez, Wijnaldum (Ings 73′), Oxlade-Chamberlain (Lallana 68′), Can, Firmino, Salah, Mane. (mb/detik)

Pos terkait