Piala Liga Inggris: Kalahkan Chelsea, Arsenal ke Final

London – Arsenal berhasil mengamankan tiket ke final Piala Liga Inggris. Menyusul kemenangan atas Chelsea dengan skor akhir 2-1 di semifinal leg kedua.

Pada pertandingan di Stadion Emirates, Kamis (25/1) dinihari WIB, kedua tim bermain seri 1-1 di paruh pertama. Chelsea membungkam publik tuan rumah usai Eden Hazard mencetak gol cepat di menit ketujuh sebelum Arsenal menyamakan skor karena gol bunuh diri Antonio Ruediger.

Kemenangan Arsenal ditentukan di paruh kedua pertandingan. Granit Xhaka tampil sebagai pahlawan the Gunners dengan golnya di menit ke-60.

Hasil ini meloloskan Arsenal dengan keunggulan agregat 2-1, usai bermain seri tanpa gol di leg pertama yang dilangsungkan di kandang Chelsea. Selanjutnya, tim London Utara itu akan berhadapan dengan Manchester City dalam laga perebutan gelar juara di Wembley, sebulan lagi.

Bacaan Lainnya

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung membuat gebrakan di menit-menit awal. Di menit kelima, sundulan Pedro membobol gawang Arsenal, tapi gol dianulir karena si pemain dinyatakan offside.

Gol Chelsea akhirnya benar-benar terjadi dua menit kemudian. Umpan terobosan Pedro kepada Hazard menembus jantung pertahanan Arsenal yang diselesaikan dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak. Chelsea memimpin 1-0.

Keunggulan Chelsea hanya seumur jagung. Arsenal langsung membalas untuk menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-12.

Dari serangan balik, Nacho Monreal menanduk bola umpan silang yang membentur Marcos Alonso lalu Antonio Ruediger sebelum menembus gawang yang dijaga Willy Caballero. Chelsea kembali mengancam. Di menit ke-20, sepakan mendatar Willian melenceng setelah menerima umpan terobosan Pedro dari sisi kanan pertahanan Arsenal.

Setengah jam pertandingan berjalan, Chelsea mesti melakukan pergantian pemain lebih awal seiring cederanya Willian. Di menit ke-34, Arsenal menebar ancaman dengan sepakan Granit Xhaka, meski masih melambung di atas mistar gawang Caballero.

Menjelang injury time habis, Arsenal nyaris menciptakan gol kedua. Sepakan Mesut Oezil di tepi kotak penalti membentur Andreas Christensen, lalu bergulir melebar tipis dari tiang gawang.

Selepas turun minum, intensitas pertandingan tidak menurun. Chelsea melewatkan peluang di menit ke-50, setelah Hazard hanya tinggal berhadapan dengan David Ospina tapi malah terjatuh ketika menggiring bola.

Sepuluh menit kemudian, Arsenal berbalik mengungguli Chelsea 2-1. Alexandre Lacazette mengirim umpan silang dari sisi kanan, yang membentur lini pertahanan Chelsea sebelum diteruskan Xhaka dengan sepakan ke tiang jauh.

Di menit ke-75, Marcos Alonso melepaskan sepakan jarak jauh tapi bola masih melambung. Semenit kemudian, serangan balik Arsenal merepotkan Chelsea setelah tembakan Alex Iwobi dimentahkan Caballero dengan kakinya.

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan. Tendangan penjuru Hazard disambut Ruediger dengan sundulan, yang melambung. Setelahnya Alonso kembali mencoba peruntungannya dengan tembakan jarak jauh, tapi bola lagi-lagi belum tepat sasaran.

Di akhir injury time, umpan silang Hazard dari sisi kiri tak ada yang menyambut sehingga tembakannya langsung mengarah dalam pelukan Ospina. Sampai laga bubar skor 2-1 untuk keunggulan Arsenal tidak berubah.

Susunan Pemain

ARSENAL: Ospina; Bellerin, Koscielny, Mustafi, Monreal; Wilshere, Elneny, Xhaka; Ozil, Lacazette (Kolasinac 84′), Iwobi (Ramsey 84′)

CHELSEA: Caballero; Azpilicueta, Christensen, Rudiger; Moses (Zappacosta 72′), Kante, Bakayoko, Alonso; Willian (Barkley 30′), Hazard, Pedro (Batshuayi 65′). (mb/detik)

Pos terkait