7 Tokoh Muda Berpotensi Dampingi Jokowi di Pilpres 2019, Siapa Paling Berpeluang?

Metrobatam, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan tidak akan maju lagi di pertarungan Pilpres 2019. Politikus Partai Golkar ini memilih untuk menjadi pendukung pencalonan kembali Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden untuk kali kedua.

Karena itu, sebagai bentuk dukungan, JK memberikan saran siapa tokoh yang tepat untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. JK juga berharap yang akan mendampingi Jokowi adalah tokoh-tokoh muda, karena Jokowi dinilai masih relatif muda.

Pengamat politik, Pangi Chaniago berpandangan banyak nama yang dianggap dapat membantu Jokowi di Pilpres 2019. Boleh dikatakan semua orang sedang mengemis kepada mantan Wali Kota Solo itu untuk menjadi pendampingnya. Namun, Jokowi juga harus memilih dengan tepat baik deri segi latar belakang politikus, pengusaha, dan lainnya.

Dari sejumlah nama, berikut tokoh muda yang diprediksi bakal bersaing merebut hati Jokowi untuk bersanding di Pilpres 2019.

Bacaan Lainnya

1. Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Cak Imin dinilai menjadi salah satu kriteria calon yang cukup bisa mewakili kaum muslimin, lantaran Ketua Umum PKB ini memiliki kedekatan dengan para santri, sehingga ungkapan bahwa Jokowi pendukung China itu salah.

Belakangan juga, Jokowi mengajak Cak Imin meresmikan proyek kereta cepat Bandara Soekarno Hatta. Disitu tampak, Cak Imin dan Jokowi sangat akrab sekail satu deretan kursi di dalam kereta.

2. Muhammad Romahurmuziy

Ketua Umum PPP ini juga dianggap salah satu calon yang cukup memungkinkan untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 lantaran partai yang dinahkodainya berlatarkan belakang partai Islam.

Belakangan, saat Presiden Jokowi menghadiri pondok pesantren Salafiyah Safiiyah Sukerejo, Situbondo, Jawa Timur, tampak ikut serta Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy mendampingi seharian penuh kegiatan kerjanya.

Kedekatan mereka membuat netizen langsung heboh. Terlebih kemesraan keduanya diperlihatkan ketika berada dalam satu pesawat bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan saling duduk berdekatan.

3. Jenderal Gatot Nurmantyo

Mantan anak buah Presiden Jokowi ini memiliki elektabilitas cukup tinggi untuk jadi pendamping mantan Wali Kota Solo ini di Pilpres 2019. Sejumlah hasil survei yang digelar, nama Jenderal Gatot selalu muncul dan bahkan memiliki presentasi cukup tinggi bila dipasangkan dengan Jokowi. Apalagi kiprahnya sebagai mantan Panglima TNI cukup kuat dikalangan militer.

4. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Partai Demokrat mengklaim bahwa sejumlah hasil survei yang digelar menunjukkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) cukup berpotensi mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Bahkan, Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon menyebut bahwa AHY bisa menjadi sosok yang berpotensi menggerek elektabilitas Jokowi jika keduanya berpasangan.

Menurutnya, survei pada Oktober 2017 menunjukkan elektabiltas Jokowi berada di bawah angka 505. Ini menurutnya peringatan bahwa Jokowi masih belum aman. Karena itu, ia menyarankan agar Jokowi memiliki pendamping dengan elektabilitas tinggi, yakni AHY.

5. Basuki Tjahja Purnama (Ahok)

Jokowi dan Ahok pernah menjalani mas-masa kemesraan. waktu itu keduanya dipercaya masyarakat Jakarta untuk memimpin Ibu Kota. Dari kedekatan keduanya itu, tergambar bahwa mereka adalah pasangan yang ideal, karena bisa menarik dukungan dari kaum muda progresif dan kelompok minoritas.

Namun sayangnya, langkah Ahok harus terhenti lantaran terjerat kasus penodaan agama. Ahok pun harus menjalani hukuman selama 2 tahun penjara.

6. Anies Rasid Baswedan

Nama Anies Rasid Baswedan kini sudah tidak asing lagi. Gubernur DKI Jakarta yang merupakan bekas anak buah Jokowi sebagai menteri pendidikan ini juga memiliki peluang tidak kalah besarnya dengan kandidat lain. Terlebih Anies juga pernah menjadi timses Jokowi di Pilpres 2014 lalu, sehingga mantap mengattur strategi apa yang tepat untuk diterapkan.

Namun sayang, Anies pada Pilkada DKI 2016 harus bercerai dengan Jokowi, lantaran Anies menjadi calon gubernur dari partai yang berseberangan dengan pendukung Jokowi. Meski demikian, namanya kian bersinar setelah Anies berhasil menggulingkan Ahok dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta.

Sejumlah survei menyebutkan bahwa nama Anies kerap muncul ketika dilakukan penjajakan baik tertutup maupun terbuka. Dengan fakta yang ada, Jokowi bisa mempertimbangkan Anies untuk dijadikan pendampingnya di Pilpres 2019 mendatang.

7. Sri Mulyani Indrawati

Baru-baru ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja dinobatkan sebagai Menteri terbaik di dunia oleh World Government Summits yang diselenggarakan di Dubai beberapa waktu lalu. Penghargaan ini juga diserahkan langsung oleh Pemimpin Dubai yakni Syekh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Akibat prestasi tersebut, Menteri Sri Mulyani mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan termasuk dari Presiden Joko Widodo dan beberapa Menteri yang lain. Tak ketinggalan, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia juga mendapatkan pujian dari pihak swasta salah satunya dari MNC Asset Management.

Meksi bukan dari kalangan partai politik, Jokowi bisa saja membidik perempuan hebat ini untuk menjadi sang pendamping, apalagi dengan segudang prestasi, bersih dari korupsi dan dianggap mampu mengatasi masalah perekonomian bangsa, tentu nama Sri Mulyani patut diperhitungkan. Dengan berdampingan dengan Srimulyani, bisa menjadi modal tambahan meningkatkan elektabilitas Jokowi. (mb/okezone)

Pos terkait