Kagum Sejak Masih Muda, Jokowi akan Revitalisasi 1.000 Rumah Gadang

Metrobatam, Padang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkagum dengan keindahan dan keunikan Rumah Gadang khas Minangkabau. Untuk itu, dia mencanangkan untuk merevitalisasi 1.000 Rumah Gadang di Sumatera Barat.

Kekaguman akan Rumah Gadang ini diungkapkan Jokowi muncul saat dirinya masih muda. Ketika itu, Jokowi hendak mendaki Gunung Kerinci melewati Solok Selatan, Sumatera Barat, 34 tahun lalu.

“Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati, saya cerita sedikit. Jadi tahun 1983 ada anak muda, naik bus tiga hari dari Jawa menuju ke Padang, kemudian naik ke Solok, Solok Selatan, kemudian menuju ke Gunung Kerinci melalui Solok Selatan,” kata Jokowi, Jumat (9/2).

Saat di Solok Selatan, Jokowi muda terkagum pada keunikan dan keindahan Rumah Gadang, khas Minangkabau. Ketika akan mendaki gunung tertinggi di Sumatera ini, Jokowi muda terkagum pada kecantikan Rumah Gadang.

Bacaan Lainnya

“Saat itu, anak muda ini kagum akan Rumah Gadang yang ada di Solok Selatan. Dan saat itu anak muda tersebut adalah yang ada di depan Bapak-Ibu semuanya,” kata Jokowi.

“Jadi saya ingat betul waktu naik Kerinci, lewat Solok Selatan, kekagaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali,” imbuh Jokowi.

Sebagai perawatan dari kekagumannya itu, Jokowi mencanangkan untuk melakukan revitalisasi Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Ada 1.000 Rumah Gadang yang akan direvitaliasi pemerintah.

“Sebagai bagian perawatan dari kekaguman tersebut, saya pada hari ini mencanangkan revitalisasi total kawasan 1.000 Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan di Provinsi Sumatera Barat. Tadi pagi saya sudah perintah Pak Menteri, Pak Menteri (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) tolong selesaikan tahun ini,” kata Jokowi.

Nantinya, kata Jokowi, Rumah Gadang yang direvitalisasi itu akan jadi percontohan bagi rumah ada lainnya, baik di Sumatera Barat maupun yang tersebar di pelosok Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga sempat menyambangi salah satu desa di Kabupaten Tanah Datar, yakni Desa Paringan. Dia juga meminta agar rumah-rumah yang ada di sana direstorisasi.

“Ini sekalian saya tugaskan selain yang ada Solok Selatan, di desa yang tadi pagi untuk bisa diselesaikan tahun ini. Landscpae, restorasi rumah-rumah yang ada, sehingga akan menambah cantik rumah yang ada di Solok Selatan maupun Paringan tadi,” kata Jokowi. (mb/detik)

Pos terkait