Kelurahan Toapaya Asri Nominasi Anugerah Desa PAMAN

Metrobatam.com, Bintan – Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan masuk dalam nominasi sebagai Kelurahan/Desa Aman Pangan Tingkat Nasional. Menurut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Kelurahan Toapaya Asri masuk dalam 6 besar Kelurahan/Desa Tingkat Nasional se Indonesia yang memiliki komitmen tinggi terhadap keamanan pangan, kader keamanan pangan yang aktif, program mandiri keamanan pangan, serta mampu meningkatkan perekonomian desa.

Ketua Tim Penilai BPPOM RI A.A Nyoman Merta, N saat mengunjungi Kantor Kelurahan Toapaya Asri, Rabu pagi (8/2) mengatakan bahwa dari 6 besar Kelurahan/Desa Tingkat Nasional ini nantinya akan dipilih 3 besar yang akan diundang ke Jakarta guna diberikan anugerah penghargaan. Pemberian anugerah Desa Pangan Aman ini merupakan bagian dari Program Nasional Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD). Tujuannya adalah untuk memperkuat ekonomi desa dengan program keamanan pangan (food safety) melalui kemandirian masyarakat desa.

” Ada 6 Kelurahan/Desa yang masuk dalam Nominasi Peraih Penghargaan Lomba Kelurahan/Desa Pangan Aman (Desa PAMAN) tingkat Nasional dan salah satunya Kelurahan Toapaya Asri, Kabupaten Bintan. Untuk di Wilayah Sumatera sendiri hanya ada 2 perwakilan Kelurahan/Desa Pangan Aman Tingkat Nasional, yaitu Kabupaten Bintan ( Kepri ) dan juga Bengkulu ” ujarnya.

Wakil Bupati Bintan Drs H Dalmasri Syam MM pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa hal ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi Kabupaten Bintan. Dirinya juga berharap agar program Desa PAMAN dapat terus dilanjutkan sehingga program ini tidak saja dapat terwujud bagi lingkungan Kelurahan Toapaya Asri namun juga Kelurahan/Desa yang ada di Kabupaten Bintan.

Bacaan Lainnya

” Ini semua berkat kerja keras semua sektor, mari kita bersama-sama berdo’a semoga nantinya Kabupaten Bintan bisa menerima anugerah tersebut ” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Toapaya Asri Arief Sumarsono mengatakan bahwa pihaknya berusaha memberikan yang terbaik terhadap masyarakat, melalui program-program penyuluhan dan juga kegiatan-kegiatan yang mengedepankan pangan aman di masyarakat.

” Kita memiliki Satgas Pangan, Forum Kabupaten Sehat, Karang Taruna dan unsur terkait lainnya di tingkat kelurahan yang siap membantu masyarakat dalam memberikan pengetahuan terhadap Pangan Sehat ” tutupnya.

Budi Arifin

Pos terkait