Liga Champions: Buang Keunggulan Dua Gol, Juventus Diimbangi Spurs


Turin – Juventus membuang keunggulan dua gol saat menjamu Tottenham Hotspur di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Kedua tim bermain imbang 2-2.

Dalam pertandingan di Allianz Stadium, Rabu (14/2) dinihari WIB, Juventus memulai dengan amat baik. Gonzalo Higuain sudah membawa mereka unggul di menit kedua.

Higuain menggandakannya pada menit ke-9 lewat titik penalti. Tapi kemudian Spurs balik menekan dan menguasai pertandingan.

Harry Kane lantas mencetak gol balasan di menit ke-35. Juventus nyaris menjauh lagi setelah mendapatkan penalti di ujung babak pertama, namun Higuain gagal menceploskannya.

Bacaan Lainnya

Spurs melanjutkan tekanannya di babak kedua, lalu menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Christian Eriksen pada menit ke-71. Skor 2-2 bertahan sampai laga berakhir.

Hasil ini jadi kerugian besar untuk Juventus, mengingat leg kedua akan digelar di markas Spurs. Sebaliknya bagi Spurs, hasil imbang 0-0 atau 1-1 sudah cukup untuk meloloskan mereka dengan keunggulan gol tandang.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit laga berjalan, Juventus sudah unggul. Dari tendangan bebas, umpan Miralem Pjanic mengarah ke Gonzalo Higuain yang lolos dari pengawalan pemain Spurs. Higuain melepaskan tembakan first-time dan bersarang di pojok kiri bawah gawang.

Pada menit ke-8, Spurs dihukum penalti setelah Ben Davies melanggar Federico Bernardeschi. Higuain maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tendangan ke pojok kiri.

Di menit ke-17, Kane terjatuh saat menerima bola di dalam kotak penalti di bawah tekanan Medhi Benatia. Spurs meminta penalti, tapi wasit tak melihatnya sebagai sebuah pelanggaran.

Spurs mulai lebih menguasai bola selepas tertinggal dua gol. Peluang bagus dicatatkan di menit ke-26, saat Christian Eriksen melepaskan umpan terobosan lambung ke Kane di dalam kotak penalti. Menghadapi Gianluigi Buffon dalam jarak dekat, sundulan Kane tertepis.

Spurs kembali mendapatkan peluang tiga menit berselang, kali ini dari tendangan bebas. Mulanya eksekusi Eriksen membentur pagar pemain, tapi bola pantul kembali kepadanya. Eriksen menembak kembali, kali ini melenceng ke kanan gawang.

Juventus merespons lewat serangan balik. Higuain menerima sodoran Pjanic di dalam kotak penalti dan mengarahkan sepakan mendatar menyasar pojok kiri gawang. Terlalu melebar.

Spurs terus melancarkan tekanan. Pada menit ke-32, Kane mendapatkan bola di sisi kiri di dalam kotak penalti dan menendang sembari memutar tubuhnya. Bola bergulir tak terlalu kencang lalu ditepis Buffon ke luar lapangan.

Usaha Spurs membuahkan hasil di menit ke-35. Mereka memenangi bola di area tengah, bola dikuasai Alli lantas diteruskan ke Kane yang tak terkawal. Buffon mencoba maju untuk mengadang Kane, tapi penyerang Spurs itu dengan sigap melewatinya dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Spurs melanjutkan tekanannya. Lima menit berselang, sepakan keras Eriksen mengarah ke gawang tapi bisa ditepis oleh Buffon.

Di menit ke-42, umpan terukur Eriksen mengarah ke Alli di depan gawang. Hanya saja sundulan Alli melambung tipis.

Pada masa injury time babak pertama, Juventus kembali mendapatkan penalti usai Serge Aurier menjatuhkan Costa. Higuain maju sebagai penendang, tapi kali ini gagal setelah sepakannya menghantam mistar gawang.

Juventus menebar ancaman di menit ke-57. Bernardeschi melepaskan sepakan dari sisi kanan, Lloris sigap menghalau ke luar lapangan. Dari sepak pojok yang dihasilkan, umpan lambung Pjanic ditanduk Mandzukic di depan gawang. Masih tepat ke arah Lloris.

Spurs balas mengancam di menit ke-70. Kane merangsek dari kiri dan mengarahkan tembakan mendatar ke arah pojok kiri gawang. Buffon masih mampu mengantisipasi.

Spurs sukses menyamakan kedudukan dua menit berselang. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, Eriksen bertindak sebagai eksekutornya. Dia melepaskan tendangan mendatar ke pojok kiri bawah gawang dan tak kuasa dihentikan Buffon.

Sebuah kesalahan bisa saja berbuah fatal untuk Spurs. Umpan yang ceroboh di lapangan tengah diserobot Rodrigo Bentancur dan diteruskan ke Higuain. Bola disodorkan lagi di Bernardeschi di kanan yang melakukan percobaan. Bola membentur bek Spurs lalu diamankan Lloris yang nyaris terkecoh.

Juventus mencoba meningatkan intensitas serangan, sementara Spurs cenderung menurunkan tempo. Di menit ke-85, Juventus mendapatkan kesempatan dari sepak pojok. Hanya saja tandukan Benatia menyambut umpan Pjanic melambung.

Dua menit kemudian, Costa melalukan tusukan di sisi kiri melewati tiga pemain. Namun umpan silangnya bisa dipotong oleh Jan Vertonghen.

Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta. Skor akhir imbang 2-2.

Susunan pemain:

Juventus: Gianluigi Buffon; Mattia De Sciglio, Medhi Benatia, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Sami Khedira (Bentancur 66′), Miralem Pjanic; Federico Bernardeschi, Mario Mandzukic (Sturaro 76′), Douglas Costa (Asamoah 92′); Gonzalo Higuain

Spurs: Hugo Lloris; Serge Aurier, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, Ben Davies; Mousa Dembele, Eric Dier; Erik Lamela (Moura 89′), Dele Alli (Son 83′), Christian Eriksen (Wanyama 92′); Harry Kane. (mb/detik)

Pos terkait