Piala FA: Hat-trick Llorente Loloskan Spurs ke Perempatfinal

London – Tottenham Hotspur lolos ke perempatfinal Piala FA usai melibas tim League One, Rochdale, dengan skor 6-1. Fernando Llorente jadi bintang lapangan lewat hat-trick-nya.

Pertandingan di Stadion Wembley, Kamis (1/3) dinihari WIB, merupakan partai ulangan babak kelima Piala FA. Kedua tim harus menjalani laga replay setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 di markas Rochdale pada 18 Februari.

Spurs, yang menyimpan sebagian besar pemain intinya, menang telak berkat tiga gol Llorente, dua gol Son Heung-min, dan satu gol Kyle Walker-Peters. Sementara satu-satunya gol Rochdale dicetak oleh Stephen Humphrys.

Di babak perempatfinal, Spurs akan menghadapi Swansea City pada 17 Maret mendatang.

Bacaan Lainnya

Jalannya Pertandingan

Spurs sudah menjebol gawang Rochdale di menit keenam melalui kaki Erik Lamela. Tapi, wasit Paul Tierney menganulir gol ini setelah berkonsultasi dengan Video Assistant Referee (VAR). Tierney menganggap Llorente lebih dulu melakukan pelanggaran sebelum Lamela menceploskan bola ke dalam gawang.

Spurs benar-benar unggul pada menit ke-23 lewat gol Son. Usai menerima operan dari Lamela, Son mengecoh dua pemain lawan sebelum melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti.

Tak berselang lama, wasit memberikan hadiah penalti untuk Spurs menyusul pelanggaran Matt Done terhadap Kieran Trippier. Wasit awalnya cuma memberikan tendangan bebas, tapi setelah berkonsultasi dengan VAR, dia mengubah keputusannya.

Namun, penalti itu tak berujung gol. Son yang maju sebagai algojo sebenarnya sukses memperdaya kiper Rochdale, Josh Lillis. Namun, wasit menilai Son melakukan pelanggaran dengan berhenti berlari ketika mengeksekusi penalti. Son pun diganjar kartu kuning akibat kejadian itu.

Rochdale mengejutkan Spurs melalui gol Humphrys di menit ke-31. Menerima umpan terukur dari Andy Cannon, Humphrys menaklukkan kiper Michel Vorm melalui sontekan jarak dekat. Skor berubah menjadi 1-1.

Dua menit setelah babak kedua dimulai, Llorente membawa Spurs memimpin 2-1. Striker asal Spanyol itu dengan tenang mencungkil bola melewati adangan Lillis.

Llorente kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-53. Kembali mendapatkan operan dari Lucas Moura, dia mencetak gol dari jarak dekat untuk mengubah kedudukan jadi 3-1.

Hanya berselang enam menit, Llorente melengkapi hat-trick-nya. Dia menanduk umpan matang dari Son dan membawa Spurs unggul 4-1.

Son mencetak gol keduanya pada pertandingan ini di menit ke-65. Dia dengan mudah menyontek bola ke dalam gawang setelah mendapatkan umpan matang dari Lamela.

Pemain muda Kyle Walker-Peters memantapkan kemenangan Spurs lewat golnya di injury time. Walker-Peters bekerja sama dengan Dele Alli sebelum merobek gawang Rochdale melalui tembakan dari dalam kotak penalti.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Vorm, Trippier, Dier, Foyth, Rose, Sissoko, Winks (Dembele 62′), Lamela, Son (Alli 67′), Lucas (Walker-Peters 82′), Llorente

Rochdale: Lillis, Rafferty, McNulty, McGahey, Humphrys (Davies 58′), Camps, Done, Delaney, Cannon (Adshead 76′), Kitching (Thompson 64′), Henderson. (mb/detik)

Pos terkait