MU Tumbang, City Kunci Gelar Juara Premier League 2017/18

Manchester – Manchester United dipaksa menelan pil pahit usai ditumbangkan West Brom 0-1. Hasil ini memastikan Manchester City mengunci gelar juara Premier League 2017/18.

Pada pertandingan di Old Trafford, Minggu (15/4), MU kesulitan menciptakan peluang berbahaya karena pertahanan solid West Bromwich. Setelah berimbang tanpa gol di babak pertama, Jay Rodriguez menentukan kemenangan the Baggies lewat golnya di paruh kedua.

Setelah tertinggal, MU mengerahkan lebih banyak penyerang demi menciptakan gol balasan. Namun, serangan-serangan MU bisa dipatahkan.

Dengan kekalahan ini, Setan Merah tetap di peringkat kedua dengan mengoleksi 71 poin berjarak 16 poin dari City. Mengingat kompetisi tinggal menyisakan lima pertandingan, City tidak mungkin lagi bisa dikejar.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, West Brom menghidupkan peluangnya untuk tetap bertahan di Premier League. West Brom masih terkubur di dasar klasemen dengan 24 poin, tertinggal 11 poin dari Swansea City di urutan 17, zona aman.

Jalannya Pertandingan

MU mengambil inisiatif serangan lebih dahulu. Namun, West Bom menciptakan peluang berbahaya pertama saat Jake Livermore melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti melewati penjagaan Victor Lindelof. Namun, David de Gea masih sigap menghalau bola di dekat tiang.

Di menit ke-18, Ander Herrera diganjal Craig Dawson tapi klaim penalti MU ditolak. Setelahnya, serangan MU dipatahkan lini pertahanan West Brom.

Sepakan Romelu Lukaku dari dalam kotak diblok Ben Foster. Begitupun dengan tendangan Alexis Sanchez. MU kesulitan mendapatkan ritme di sepertiga akhir permainan. Seiring pertahanan West Brom yang cukup solid. Skor masih 0-0 sampai menit ke-38.

West Brom mendapatkan sepak pojok pertama di pertandingan ini. Dawson menyundul bola Chris Brunt ke depan gawang, sayangnya tidak ada kawannya di sana. Chris Smalling lantas membuang bola jauh-jauh.

Di babak tambahan waktu, sepakan Paul Pogba dari luar kotak penalti diblok sehingga menghasilkan sepak pojok bagi MU. Namun, dengan mudah dipatahkan lini belakang West Brom. Kedudukan tanpa gol tidak berubah sampai paruh pertama berakhir.

MU menciptakan start bagus di awal babak kedua. Pemain pengganti Jesse Lingard hampir memecah kebuntuan setelah meneruskan umpan Sanchez di dalam kotak. Tapi Dawson membuat blok krusial.

Setelah pertandingan melewati sejam, MU kembali mengancam gawang West Brom. Akan tetapi, sundulan Lukaku masih mampu ditangkis Foster. Sodoran Mata kepada Lingard di luar kotak penalti diteruskan dengan sepakan kencang tapi bisa diblok Brunt sehingga bola berubah arah.

Serangan balik West Brom menghukum MU. West Brom membobol gawang MU untuk memimpin 1-0. Dawson menyundul bola hasil sepak pojok lalu jatuh di jalur Jay Rodriguez. Tanpa kawalan, dia dengan mundah menanduk bola untuk melewat De Gea.

MU kian frustrasi di 10 menit terakhir meski nyaris mengurung lawan. West Brom ngotot mempertahankan keunggulannya dengan menghentikan aliran serangan MU.

Serangan MU kembali gagal. Umpan silang Martial dari sisi kiri ditujukan kepada Lukaku. Namun, si striker gagal menyentuh bola yang kemudian ditangkap Foster. Skor masih 1-0 untuk keunggulan West Brom.

Di masa injury time, umpan silang Valencia ke tiang jauh disambut Chris Smalling tapi bola mengarah ke Foster.

Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: De Gea, Valencia, Smalling, Lindelof, Young (Rashford 75′), Mata, Matic, Ander Herrera (Lingard 46′), Pogba (Martial 58′), Sanchez, Lukaku

WEST BROMWICH: Foster, Gibbs, Nyom, Dawson, Ahmed Hegazi, Brunt (Yacob 90+4′), Phillips (Krychowiak 77′), Livermore, McClean, Rodriguez, Rondon (Sturridge 85′). (mb/detik)

Pos terkait