Dewan Pertimbangan MUI: Tak Ada Aturan Ma’ruf Amin Harus Mundur

Metrobatam, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum memutuskan nasib ketuanya KH Ma’ruf Amin yang maju sebagai Cawapres Jokowi. Dewan Pertimbangan MUI akan segera rapat membahas hal itu.

“Jadi tentu dewan pertimbangan MUI akan rapat mana jalan keluar yang terbaik,” kata Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (13/8).

Din mengatakan MUI akan bertindak sesuai pedoman lembaga. Sejauh ini tak ada aturan penggantian ketua MUI yang maju dalam pemilu.

“Seharusnya berdasarkan peraturan atau pedoman dasar dan peraturan rumah tangga, kalau ada hal seperti itu apakah harus diganti atau tidak, sepengetahuan saya tidak ada (aturan)” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, sudah banyak masukan dari anggota MUI agar status Mar’uf Amin segera dibahas. Salah satu alasannya yakni independensi lembaga.

“Tentu ada pertimbangkan-pertimbangan lain nanti, yang masuk pada saya ini perlu dalam rangka menjaga independensi MUI, ada yang menyampaikan pada saya soal rangkap jabatan yang jangan sampai mengganggu dan lain-lain,” kata dia. (mb/detik)

Pos terkait