Menteri Agama Sarankan Abdul Somad Lapor Polisi soal Ancaman

Metrobatam, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyarankan agar Ustaz Abdul Somad (UAS) untuk melaporkan bentuk ancaman dan intimidasi yang diterima kepada Kepolisian. Menurutnya, tidak boleh ada intimidasi terhadap penceramah agama.

“Kalau beliau yang bersangkutan Ustaz Abdul Somad memang merasa sangat terganggu dengan apa yang beliau keluhkan, menurut hemat saya sebaiknya melaporkan kepada aparat penegak hukum,” kata Lukman di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (4/9).

Lukman menilai UAS merupakan penceramah yang memiliki paham moderat dalam menyampaikan ilmu keagamaan maupun merespons situasi dan kondisi di Indonesia.

Menurutnya, dari materi ceramah UAS juga tidak ada hal-hal yang secara prinsip bertentangan dengan nilai-nilai ke-Indonesia-an atau yang bisa mengusik eksistensi dan memecah-belah bangsa.

Bacaan Lainnya

“Saya pikir tidak ada hal-hal seperti itu, jadi sejauh saya mengenal isi ceramah beliau adalah yang positif,” katanya.

Untuk itu, Lukman menyarankan agar UAS melaporkan ancaman dan intimidasi agar Kepolisian dapat menindaklanjutinya. Hal itu juga dapat memberi rasa aman bagi UAS.

“Kita supaya ada kejelasan dan kemudian ada tindak lanjut pengusutan, siapa sebetulnya dan kemudian ada kejelasan dan kemudian aparat hukum kita punya atas laporan itu. Kemudian ada tindak lanjut dalam rangka memberikan keamanan kepada beliau,” kata Lukman.

Sebelumnya, UAS mengklaim ada ancaman di sejumlah daerah untuk acara tausiyah. Karena itu ia memilih untuk membatalkan beberapa janji untuk memberikan ceramahnya.

Hal ini diungkapkan UAS dalam akun media Instagram dan Facebook-nya, @ustadzabdulsomad yang sudah terverifikasi.

“Beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan dan lain-lain terhadap tausiyah di beberapa daerah seperti di Grobogan, Kudus, Jepara dan Semarang,” kata UAS. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait