Rayakan HUT TNI ke 73, Prajurit TNI Wilayah Kepri Gelar Upacara Parede dan Defile

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Prajurit TNI Wilayah Kepulauan Riau (Kepri) merayakan HUT Ke 73 dengan menggelar Upacara Parede dan Defile. Perayaan HUT Ke 73 yang bertemakan Peofesionalisme TNI Untuk Rakyat tersebut dipusatkan di lapangan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang,  Jumat (5/10).

Pimpinan TNI Wilayah Kepri yang berada di Tanjungpinang yakni Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., dan Danlanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan, S.T., M.M turut serta bersama prajurit dalam perayaan yang berlangsung secara sederhana.

Panglima TNI dalam amanatnya tertulisnya yang dibacakan Inspektur Upacara Danrem 033/WP antara lain menyampaikan komponen bangsa lainnya telah berkerja bahu membagi,  berupaya sekuat tenaga untuk meringankan beban derita dari saudara-saudara di Palu. TNI telah mengirimkan dan menyerahkan personil serta Alutsistanya untuk memberikan  pertolongan pertama melaksanakan evakuasi memberikan  bantuan dan memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

” Apa yang dilaksanakan di lokasi bencana baik pengetahuan personil dan Alutsista adalah sebagian bentuk profesionalisme TNI oleh karena itu sangat tepat apabila di hari ulang tahun yang ke 73 TNI di tahun 2018 mengambil tema Profesionalisme TNI untuk Rakyat,  “tegasnya

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Gabriel menyebutkan  tema singkat namun padat ini, mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa di tingkatkan profesioalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan dan persenjataan Alutsista serta dipenuhi kesejahteraanya oleh negara adalah semata-mata  untuk seluruh rakyat Indonesia. Profesionalisme TNI di wujudkan  dalam pelaksanaan operasi  kegiata-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakan kedaulatan negara, mempertahankan  keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dari segala macam gangguan, paparnya.

Selanjutnya, Panglima TNI memberikan penekanan kepada prajurit dengan meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti, berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI,  mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan dalam pelaksanaan Pemilu  tahun 2019, janganlah terpancar emosi dalam mendukung kelompok tertentu dan jalani lah setiap tugas secara bertanghung jawab karena tugas kita semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara ini,” tegasnya.

Peringatan HUT tersebut dihadiri Gubernur Provinsi Kepulauan  Riau Nurdin Basirun,  Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, serta seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  Kepri.

Thony

(Penlantamal IV)

Pos terkait