Gubernur Kepri Resmikan Proyek Strategis di Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan Kepulauan Riau yang memiliki jumlah kawasan laut lebih besar (96 persen) dari daratan (4 persen) harus mampu berdaya saing tinggi. Salah satunya adalah mempercepat arus ekonomi salah satunya dengan ketersediaan dan layaknya pelabuhan.

“Sarana dan prasarana pelabuhan harus terus ditingkatkan karena arus ekonomi di Kepri dimulai dari pelabuhan,” ujar Nurdin saat meresmikan sejumlah proyek strategis Pemerintah Provinsi Kepri TA 2018 yang dipusatkan di pelabuhan Pelantar II, Tanjungpinang, Rabu (3/4) pagi.

Nurdin melanjutkan, arus tersebut salah satunya adalah proses bongkar muat yang mana saat ini Tanjungpinang sebagai Ibu Kota sudah termasuk padat pergerakannya. Kegiatan bongkar muat harus lebih efektif dan efisien sehingga inflasi dapat terus ditekan dan tentunya kebutuhan masyarakat terpenuhi dan tercukupi.

“Arus barang lancar, kebutuhan masyarakat terpenuhi. Tentu pengembangan ini kita terus upayakan, tidak hanya di Ibu Kota, di Kabupaten dan Kota juga terus kita dorong,” lanjut Nurdin.

Bacaan Lainnya

Beberapa titik permasalahan didaerah menurut Nurdin juga terus diupayakan selesai, seperti masalah kekeringan juga potensi banjir dikala musim hujan tiba yang menyebabkan beberapa titik lokasi perumahan menjadi tergenang air harus segera dicarikan solusi kedepan.

Maka sinergitas antar pemerintah Daerah dikatakan Nurdin pun perlu untuk terus ditingkatkan, kemudian tidak hanya itu sinergi dengan masyarakat juga diperlukan.

“Peran masyarakat penting dari segala sektor saling bekerjasama dan bahu membahu dalam mencapai keberhasilan pembangunan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah melaporkan bahwa peresmian sejumlah proyek strategis ini sebagaimana arah kebijakan dan prioritas pembangunan, Pemrpov Kepri berkomitmen untuk percepatan pembangunan di segala bidang termasuk infrastruktur.

“Dengan telah resminya sejumlah proyek ini diharapkan dapat segera beroperasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ujar Arif.

Adapun sejumlah proyek yang diresmikan adalah Pengembangan dan Peningkatan Pelabuhan Kuala Riau (Pelantar 1 dan 2), Peningkatan Dermaga Sri Indera Sakti Pulau Penyengat, Pembangunan Fasilitas Parkir Becak Pulau Penyengat dan Pembangunan Gedung kantor HMI.

Selain itu terdapat sejumlah pembangunan yang terus dilakukan seperti penataan kawasan pulau Dompak, Pintu masuk, Jalan Masuk Kawasan Pemprov Kepri, Jalan Masuk Kawasan Kantor DPRD, Peningkatan kawasan pemukiman masyarakat Kp. Bugis, renovasi Perumahan di Kawasan Teluk Keriting dan Pengadaan Transportasi laut.

Adapun untuk Pengembangan dan Peningkatan Pelabuhan Kuala Riau (Pelantar 1 dan 2) yang mana proyek sendiri telah berjalan sejak 2017 dengan total anggaran sebesar Rp. 32 Miliyar pengerjaan meliputi konstruksi dermaga, tamabatan kapal, ruang tunggu, tambatan tali dan pintu pagar dengan total panjang pelabuhan 200 M.

“Sebelumnya perlu 5-7 hari setelah direnovasi proses bongkar muat dapat langsung selesai,” lapor Arif.

Kemudian untuk Peningkatan Dermaga Sri Indera Sakti Pulau Penyengat dengan pagu anggaran sebesar Rp. 2,6 Milyar meliputi perbaikan ponton, pelantar dan ruang tunggu dan Pembangunan Fasilitas Parkir Becak Pulau Penyengat dengan pagu anggaran sebesar Rp. 1,4 Miliyar.

“Pembangunan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi warga dan wisatawan dengan tersedianya fasilitas dipelabuhan dan kawasan parkirnya,” lanjut Arif.

Kemudian untuk Pembangunan Gedung kantor HMI sendiri dibangun ditanah seluas 418 Meter2 dengan luas bangunan 224 Meter berlantai dua.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah bantuan antara lain 1 unit Cold Storage Mobile untuk Pemerintah Kota Tanjungpinang, Peralatan Bakar Otak-Otak sebanyak 20 set bagi Pelaku Usaha IKM, Mesin Jahit sebanyak 30 buah Pelaku Usaha IKM di Tanjungpinang dan Bintan serta 250 pcs sembako untuk buruh dan pekerja di pelantar 1 dan 2.

Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri atas pembangunan yang telah dilakukan dan diharapkan sinergitas ini dapat terus terjalin dengan baik bagi kemajuan daerah.

“Apalagi Tanjungpinang sebagai wajah dari Kepri sebagai Ibu Kota, kita akan terus menjalin kerjasama diberbagai pembangunan dalam rangka mewujudkan kemajuan daerah,” ujar Syahrul.

Terkait kemajuan daerah, Syahrul melanjutkan bahwa itu ditandai dengan perubahan, maka komitmen untuk terus intens berkomunkasi akan terus di lakukan.

“Salah satunya adalah dengan pembangunan sumber daya manusia yang menjadi titik perhatian kita, karna salah satu unsur keberhasilan pembangunan dipengaruhi oleh manusia,” lanjut Syahrul.

Tampak Hadir pada kesempatan tersebut Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, Danlanud RHF Kolonel Pnb Elistar Silaen, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Asisten I Raja Ariza, Asisten II Syamsul Bahrum, Sejumlah Kepala OPD, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Ketua LAM Provinsi Kepri H Abdul Razak, tokoh Masyarakat beserta tamu undangan lainnya. (Mb/Hms)

Pos terkait