Singkirkan Frankfurt Lewat Adu Penalti, Chelsea ke Final Liga Europa

London – Chelsea secara dramatis melaju ke final Liga Europa. Lewat drama adu penalti, The Blues menang 4-3 atas Eintracht Frankfurt usai seri 1-1 dalam waktu 120 menit.

Leg pertama di Jerman berakhir 1-1. Pada leg kedua di Stamford Bridge, London, Jumat (10/5/2019) dini hari WIB. Chelsea memimpin lebih dulu di babak pertama. Gol Ruben Loftus-Cheek di menit ke-28 membawa tuan rumah memimpin 1-0 hingga jeda.

Di babak kedua, Frankfurt membalas lewat gol Luka Jovic di menit ke-49. Hingga waktu normal habis, skor 1-1 bertahan sehingga dilanjutkan ke babak extra time. Setelah masih tanpa gol, laga berakhir lewat babak adu penalti.

Di babak tos-tosan, Chelsea menang setelah dua penendang Frankfurt yakni Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia gagal memasukkan bola. Chelsea lolos ke final Liga Europa dan akan menghadapi Arsenal, yang sebelumnya mengandaskan Valencia dengan agregat 7-3.

Bacaan Lainnya

Hasil ini membuat Final Liga Europa pun akan mempertemukan sesama wakil Inggris antara Arsenal vs Chelsea di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, pada 29 Mei 2019.

Jalannya Pertandingan

Frankfurt membuka ancaman di menit keempat. Luka Jovic mampu menyambut crossing Sebastian Rode, namun sundulannya masih bisa diamankan Kepa Arrizabalaga.

Peluang berbahaya kembali ditebar Frankfurt pada menit ke-14. Kali ini, sepakan Danny da Costa mengirim bola ke pojok atas gawang Chelsea, tapi Kepa bisa menepisnya.

Terus ditekan, Chelsea perlahan bangkit. Tuan rumah baru bisa mengancam di menit ke-23 lewat sontekan Olivier Giroud. Bolanya masih bisa dihalau kiper Kevin Trapp.

Gol! Chelsea membuat gol di menit ke-28. Mendapat umpan terobosan Eden Hazard, Ruben Loftus-Cheek membobol gawang Frankfurt dengan sepakan placing dari sisi kanan kotak penalti lawan.

Di sisa waktu babak pertama, tak ada gol tercipta lagi. Chelsea sementara unggul 1-0 atas Frankfurt. Babak kedua dimulai, Frankfurt langsung menekan Chelsea. Hasilnya, gol penyeimbang mampu diciptakan anak asuh Adolf Huetter pada menit ke-49.

Adalah Luka Jovic yang mengubah skor menjadi 1-1. Lepas dari penjagaan David Luiz, Jovic mengonversi umpan terobosan ke kotak penalti dan bisa menaklukkan Kepa dari jarak dekat. Agregat kini menjadi 2-2.

Chelsea coba merespons gol Frankfurt. Di menit ke-51, Giroud melepaskan sepakan namun bolanya masih melenceng ke sisi kiri.

Sementara Frankfurt kian bersemangat menggempur Chelsea. Dua pelang berturut-turut didapat pada menit ke-60, pertama lewat Mijat Gracinovic dan yang kedua lewat Filip Kostic.

Chelsea, yang mulai frustrasi, mendapat peluang di menit ke-78. Davide Zappacosta, yang masuk menggantikan Andreas Christensen, melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis Trapp.

Menjelang waktu normal habis, Giroud sempat menebar ancaman sekali lagi ke gawang Frankfurt. Sepakan kaki kanannya asih bisa digagalkan Trapp. Laga berakhir 1-1 dan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Di menit ke-93, Ross Barkley mengancam gawang Frankfurt. Sepakan kaki kanannya masih melayang ke atas. Dua menit berselang, peluang Cesar Azpilicueta juga masih melayang.

Frankfurt nyaris membobol gawang Chelsea di menit ke-100. Sébastien Haller bisa menyontek umpan Kostic dari sisi kiri, bola bergulir ke tiang jauh yang membuat Kepa mati langkah, tapi David Luiz membuat clearance gemilang di garis gawang dekat tiang. Haller kembali mengancam lewat sundulan di penghujung babak pertama extra time, tapi kali ini Zappacosta menggagalkannya lagi-lagi di depan gawang.

Di menit ke-116, Azpilicueta berduel dengan Trapp dan membuat bola masuk ke gawang. Gol tidak disahkan wasit akibat Azpilicueta dianggap membuat pelanggaran.

Hingga 120 menit, skor tidak berubah. Laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak tos-tosan itu, Chelsea menang 4-3 setelah dua penendang Frankfurt yakni Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia gagal memasukkan bola. Chelsea lolos ke final Liga Europa dan akan menghadapi Arsenal.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa, Emerson, David Luiz, Christensen (Zappacosta 74′), Azpilicueta, Loftus-Cheek, Kovacic, Jorginho, Hazard, Willian (Pedro 62′), Giroud (Higuain 96′)

Eintracht Frankfurt: Trapp, Falette, Hinteregger, Abraham, Hasebe, Kostic, Gracinovic (Paciencia 117′), Rode (De Guzman 70′), Da Costa, Rebic (Haller 90+3), Jovic. (mb/detik)

Pos terkait