35 Anggota Paskibraka Kota Batam Dikukuhkan

Pengukuhan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Batam Tahun 2019. Pengukuhan dilaksanakan di ruang Engku Hamidah Kantor Walikota, Rabu (14/8) malam. FOTO : (HUMAS PEMKO BATAM)

Metrobatam.com, Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi mengukuhkan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Batam Tahun 2019. Pengukuhan dilaksanakan di ruang Engku Hamidah Kantor Walikota, Rabu (14/8) malam.

Sebanyak 35 pelajar utusan dari SMA di Kota Batam akan bertugas sebagai pengibar bendera pada upacara HUT RI ke-74 Tingkat Kota Batam, Sabtu (17/8/2019). Para anggota Paskibraka sebelumnya telah mengikuti pelatihan dan dikarantina selama 20 hari di bawah binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam.

”Selamat buat kalian semua. Kalian sudah selesai menjalani latihan. Dengan dikukuhkan malam ini, resmi menaikkan bendera pada hari Sabtu nanti,” ucap Rudi dalam arahannya.

Dengan janji sebagai Paskibraka untuk mengamalkan pancasila, maka seharusnya janji itu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Mengamalkan pancasila tidak mudah, dengan hati yang ikhlas insya Allah bisa. Kalian punya tanggung jawab bersama kami untuk membela Negara ini,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Rudi juga berpesan agar seluruh anggota Paskibraka dapat menjaga fisik dan kesehatan sebelum melaksanakan tugas pada hari Sabtu, saat upacara detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera.

“Semoga pada pelaksanaan 17 Agustus nanti, adik-adik semua bisa memberikan yang terbaik sesuai yang kita inginkan. Kepada instruktur yang sudah melatih dan memberikan pembinaan selama ini kami ucapkan terimakasih,” tutur mantan legislator ini.

Pengukuhan anggota Paskibraka diawali dengan pembacaan pengantar ikrar oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar putra Indonesia yang dipimpin oleh Walikota dan diikuti seluruh anggota Paskibraka.

Suasana khidmat pengukuhan anggota Paskibraka Kota Batam kian terasa ketika masing-masing anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih secara bergantian.

Disaksikan orangtua dan keluarga anggota Paskibraka, Rudi memasangkan Kendit kepada perwakilan Paskibraka dan dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar. Pengukuhan anggota Paskibraka bermakna memiliki jiwa ksatria dan satu perkataan dan perbuatan untuk rela berkorban dan bertanggung jawab untuk membela ibu pertiwi serta sebagai pelopor pembaharuan Indonesia.

(MB/MCBatam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *