Disbudpar Kota Batam Berdandan Ala Hulubalang dalam Lomba Gerak Jalan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata memimpin langsung regunya dalam Lomba Gerak Jalan Beregu dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (3/8). (Foto : MCB)

Metrobatam.com, Batam – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata memimpin langsung regunya dalam Lomba Gerak Jalan Beregu dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (3/8). Regu gerak jalan dari Disbudpar ini tampil bak hulubalang dengan pakaian serba hitam, lengkap dengan tanjak dan kain samping berbahan tenun benang emas.

Tak hanya meriah dari segi seragam, regu Disbudpar juga menarik perhatian berkat penampilan silatnya. Persembahan silat lengkap dengan musik tradisional ini dipertunjukkan di depan panggung utama, Jalan Engku Putri.

“Ini upaya kita melestarikan kebudayaan melayu di Kota Batam. Lomba ini kan diikuti berbagai kalangan, mulai dari pelajar setingkat SD sampai SMA, mahasiswa, pekerja swasta, pegawai pemerintah, TNI/Polri, hingga masyarakat umum. Kita berharap bisa mengenalkan dan semakin menanamkan rasa cinta terhadap budaya yang ada,” tutur Ardi usai menjalani gerak jalan sejauh 8 km.

Selain regu Disbudpar, kategori 8 km ini juga diikuti 26 organisasi perangkat daerah (OPD), BUMN, dan peserta umum putra lainnya. Pada kategori yang sama juga terdapat 68 regu SMP/MTs putra, 59 regu SMP/MTs putri, 43 regu SMA/SMK/MA putri, dan 15 regu OPD, BUMN putri, dan mahasiswi.

Bacaan Lainnya

Pada kategori 5 km diikuti peserta dari PGRI 12 kecamatan, serta 31 regu perwakilan PKK, Gabungan Organisasi Wanita, Dharma Wanita, perbankan, asuransi, perhotelan, dan masyarakat umum putri. Termasuk di kategori ini juga 88 regu SD putra dan 89 regu SD putri.

Sedangkan pada kategori 17km, pesertanya yaitu 53 regu SMA/SMK/MA putra, 12 regu organisasi masyarakat, OKP, mahasiswa, dan instansi putra, serta 11 regu TNI/Polri.

“Total 503 regu dengan massa sekitar 10.000 orang,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini.

Total hadiah yang diperebutkan yaitu Rp226.500.000. Selain juara tiap kategori juga akan diambil juara favorit.

Hendriana mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

(MCBatam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *