Newcastle vs Arsenal: Gol Aubameyang Menangkan The Gunners

Metrobatam, Jakarta – Arsenal mengawali Liga Inggris musim 2019/2020 dengan kemenangan. Bertamu ke Newcastle United, The Gunners pulang membawa keunggulan 1-0.

Di Saint James Park, Minggu (11/8/2019) malam WIB, Unai Emery tak memainkan Mesut Ozil dan Sead Kolasinac karena alasan keamanan. Sementara tiga pemain anyar The Gunners yakni, Pepe, Dani Ceballos, dan Martinelli jadi penghuni bangku cadangan.

Arsenal harus menunggu hingga babak kedua untuk bisa mencetak gol. Di menit 58 Pierre-Emerick Aubameyang membungkam publik tuan rumah dengan sepakannya dari muka gawang.

Keunggulan satu gol di pekan pertama jadi awal bagus Arsenal untuk bersaing di Liga Inggris 2019/2020. Setelah musim lalu terlempar dari empat besar, skuat besutan Unai Emery belanja besar di bursa transfer musim panas.

Bacaan Lainnya

Atas kemenangan ini Arsenal duduk di posisi enam klasemen Liga Inggris.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung mencoba menyentak di menit awal pertandingan saat Aubameyang terperangkap offside saat mencoba mengejar umpan Joe Willock. Sampai 15 menit pertama laga The Gunners lebih dominan dalam penguasaan bola, sementara tuan rumah menunggu di wilayah permainannya.

Newcastle mendapat peluang emas pertamanya di menit 19. Tendangan Jonjo Shelvey dari luar kotak penalti membentur tiang gawang setelah sedikit berbelok akibat mengenai tubuh bek Arsenal.

Arsenal membalas saat Monreal menusuk masuk dari sisi kanan ke dalam kotak penalti dan melepaskan umpan pendek. Henrikh Mkhitaryan yang berdiri di tengah kotak penalti menyambar bola tersebut dengan sepakan kaki kiri, yang mengantar bola melayang tinggi ke atas mistar gawang.

Pada menit 27 Newcastle lagi-lagi mengancam Arsenal. Kali ini Joelinton dengan aksi individunya berkelit melewati kawalan empat bek Arsenal dan melanjutkan aksinya dengan melepaskan tembakan mendatar. Tak ada gol dari momen ini karena tendangan Joelinton tepat mengarah ke kiper Bernd Leno.

Aubameyang! Nyaris Arsenal membuka keunggulan di menit 32. Mkhitaryan melepas umpan lambung terukur, yang membelah pertahanan Newcastle pada, Aubameyang. Di dalam kotak penalti sang striker melepaskan tembakan yang masih bisa diselamatkan kiper Dubravka.

Di awal babak kedua Arsenal tak berhasil menciptakan peluang matang ke pertahanan Newcastle. Sampai akhirnya kesalahan dibuat The Magpies yang membuat gawang tuan rumah jebol di menit 58.

Arsenal membawa pulang kemenangan tipis 1-0 dari lawatan ke Newcastle UnitedArsenal membawa pulang kemenangan tipis 1-0 dari lawatan ke Newcastle United Foto: Stu Forster/Getty Images

Gol diawali keberasilan Ainsley Maitland-Niles memotong bola di tengah lapangan. Dia lantas melakukan sprint di sisi kanan, lalu dengan jeli melepaskan umpan terukur ke Aubameyang yang menusuk masuk ke kotak penalti. Dengan sekali kontrol Aubameyang mengendalikan bola lalu menceploskannya ke dalam gawang.

Pada pertengahan babak kedua Emery mulai memasukkan pemain barunya. Dani Ceballos menggantikan Willock di menit 67 dan Pepe menggantikan Nelon di menit 73.

Newcastle gagal memberikan reaksi setelah gawang mereka kebobolan. Sampai menit 80 tak ada ancaman serius datang ke arah kiper Leno.

Gagal menembus masuk ke dalam kotak penalti, Allan Saint-Maximin mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi upaya di menit 83 itu itu tak membuahkan hasil karena sepakan mendatarnya terlalu lemah hingga mudah diredam kiper.

Susunan Pemain

Newcatle United: Martin Dubravka; Javier Manquillo, Fabian Schar, Jamaal Lascelles, Paul Dummett; Matt Ritchie, Jonjo Shelvey (’54 Jetro Willems), Isaac Hayden, Sean Longstaff (’67 Allan Saint-Maximin); Miguel Almiron, Joelinton.

Arsenal: Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers, Sokratis, Nacho Monreal; Matteo Guendouzi, Granit Xhaka; Joe Willock (’64 Dani Ceballos), Henrikh Mkhitaryan (’84 Gabriel Martinelli), Reiss Nelson (’71 Nicolas Pepe); Pierre-Emerick Aubameyang. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *