Wako Tanjungpinang Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang – Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengajak semua lapisan masyarakat komitmen untuk menjaga lingkungan serta mengurangi penggunaan sampah plastik setiap harinya, ”Mari bersinergi untuk mengurangi sampah plastik, kita jaga lingkungan untuk generasi di masa depan”. Ajakan itu disampaikan Wali Kota saat Pencanangan Gerakan Pengurangan Sampah di Sekolah se- Kota Tanjungpinang, di Lapangan SMPN 5 Tanjungpinang, Rabu (07/8/2019).

Wali Kota mengatakan, diperlukan aksi nyata dari semua elemen, baik masyarakat, pemerintah, kepala sekolah, dan lembaga masyarakat untuk menggurangi sampah. Permasalahan sampah telah menjadi masalah global, tak terkecuali Indonesia yang menduduki peringkat kedua negara penghasil sampah plastik di lautan dan penghasil sedotan plastik sekali pakai setelah negara Tiongkok.

“Akibatnya, potensi pencemaran sampah plastik tidak hanya berdampak bagi kehidupan laut tetapi juga bagi kesehatan manusia ketika ikan terkontaminasi plastik dan di konsumsi manusia”, tambah Wali Kota

Menurut Wali Kota, larangan menggunakan sedotan plastik bagi seluruh peserta didik SMPN 5 Tanjungpinang merupakan suatu gebrakan dan inovasi yang luar biasa guna menggurangi timbulan sampah dan penggunaan sedotan plastik di sekolah.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, saya mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh SMPN 5 dalam setahun terakhir ini. Kegiatan ini akan membantu mengurangi satu miliyar sedotan plastik yang dibuang per tahun dan juga penyelamatan lingkungan dari pencemaran penggunaan plastik.

”Sekolah adalah tempat untuk mencetak SDM yang berkarakter. Kalau sekolah itu tertata, siswa-siswinya punya kebiasaan baik, cinta terhadap lingkungan, maka Indonesia, khusunya kota Tanjungpinang kedepannya akan menjadi contoh bagi daerah dan negara lainnya”, tutup Wali Kota

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. Atmadinata, M.Pd mengakui bahwa gerakan pengurangan sampah di sekolah se- kota Tanjungpinang merupakan upaya menciptakan kebiasaan yang baik kepada peserta didik. Kegiatan ini merupakan penguatan pendidikan karakter dan budi pekerti. Lama-kelamaan akan menjadi tradisi dan budaya di SMPN 5.

Ia berharap kebiasaan ini tidak hanya diimplentasikan di sekolah saja, tapi bawa budaya ini balik ke rumah, tularkan kembali kepada keluarga bahkan lingkungan sekitanya.”Inovasi ini bisa diadopsi di satuan pendidikan lainnya di kota Tanjungpinang. Kebiasaan baik patut kita jadikan panutan”, ucapnya

Sementara Kepala Sekolah SMPN Tanjungpinang, Yulismar, S.Pd menjelaskan kebijakan larangan penggunaan sedotan di sekolahnya sudah dilakukannya setahun yang lalu. Hal ini juga merupakan salah satu dari misi SMPN 5 yaitu tentang pengelolaan sampah,”Awalnya saya melihat sisa-sisa sampah yang tidak memiliki nilai jual berserakan, seperti sedotan dan tutup botol. Sejak itu, saya membuat kebijakan melarang menggunakan sedotan plastik di sekolah dan menggantinya dengan sedotan ramah lingkungan,” ungkapnya

Pencanangan gerakan pengurangan sampah di sekolah se- kota Tanjungpinang ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama gerakan pengurangan sampah sekolah se-kota Tanjungpinang oleh Wali Kota, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Sekolah SMPN 5 Tanjungpinang. Seusai acara Wali Kota melakukan penanaman pohon bambu di salah satu taman sekolah.

Acara turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Rudi Chua, LSM Alim Provinsi Kepri, Khaerjuli, Kepala OPD Kota Tanjungpinang, Pimpinan Bank RiauKepri, Pengawas Sekolah serta Kepala Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK se- kota Tanjungpinang.

 

(MB/Diskominfo Tanjungpinang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *