Kursi Kosong dan Jadwal Molor Warnai Paripurna DPR Hari Ini

Metrobatam, Jakarta – Lengang dan hampir tak berpenghuni. Pemandangan itulah yang tampak dalam Rapat Paripurna ke-6 masa persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).Selain deretan kursi kosong, rapat paripurna pun molor digelar. Rapat yang sedianya dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB mundur hingga pukul 11.17 WIB.

Berdasarkan perhitungan kepala (headcount) di ruang rapat paripurna sampai pukul 11.20 WIB, tercatat anggota yang hadir hanya 82 orang. Jumlah itu sangat sedikit dibanding total anggota DPR periode 2014-2019 sebanyak 560 orang.

Rapat paripurna yang diselenggarakan hari ini memiliki agenda strategis untuk mengesahkan dua Rancangan Undang-undang yang telah disusun bersama pemerintah.

Sebelum rapat paripurna dimulai, Sekretariat Jenderal DPR yang bertugas mengawal absensi anggota tidak mau membuka presensi kepada awak media yang meminta daftar kehadiran anggota dewan.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, pimpinan sidang paripurna yang juga Wakil Ketua DPR Utut Adianto mengklaim ada 286 dari 560 anggota DPR yang hadir dalam persidangan tersebut. Data absensi itu, ia sebut didapatkan dari Sekjen DPR.

Dia pun menyatakan rapat paripurna kuorum dan dapat dilanjutkan ke agenda selanjutnya.

“Dan dihadiri dari seluruh anggota fraksi yang ada. Dan dengan demikian kuorum tercapai,” kata Utut saat membuka sidang.

Rapat paripurna hari ini mengagendakan pengesahan dua Rancangan Undang-undang (RUU), yakni RUU tentang Sumber Daya Air dan RUU tentang Pekerja Sosial.

Agenda lain adalah membahas pendapat dari tiap-tiap fraksi atas RUU usulan Badan Legislatif DPR RI tentang Perubahan atas Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP) dan dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Selain itu, terdapat agenda terkait penyampaian surat Pimpinan Komisi III atas persetujuan pertimbangan kewarganegaraan untuk Otavio Dutra menjadi Warga Negara Indonesia. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *