Menkominfo: Ada 500 Ribu URL Hoax terkait Papua

Metrobatam, Padang – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengantongi ratusan ribu Uniform Resource Locator (URL) hoax terkait Papua. Ada lebih dari 500 ribu URL hoax ditemukan.

“Kalau jumlah URL yang digunakan untuk menyebarkan hoax sampai kemarin saya di-update sudah lebih 500 ribu,” ujar Menkominfo Rudiantara seusai acara silaturahmi bersama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat di Padang, Senin (2/9/2019) malam.

Hoax yang dimaksud adalah pesan yang mengandung adu domba serta informasi palsu yang dikhawatirkan memperparah keadaan. Sebelum ini, Kominfo sudah mengantongi data 230 ribu URL hoax.

“Hoax dalam artian berisi pesan adu domba, informasi palsu dan konten yang dikhawatirkan memperparah kondisi konflik di Papua dan Papua Barat,” ujar Rudiantara.

Bacaan Lainnya

Rudiantara mengatakan, penyebaran hoax terkait situasi di Papua dan Papua Barat ramai melalui media sosial Twitter. Karena itulah, hingga kini, pihaknya belum memulihkan akses internet di kedua provinsi tersebut untuk meredam konflik yang lebih luas dan lebih parah.

“Sekarang sedang direview oleh teman-teman semua. Bukan hanya Kominfo. Yang paling tahu soal kondusivitas atau tidaknya kan aparat keamanan dan aparat hukum,” jelas dia. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *