Pelaksanaan Pelatihan PSDM 2019 di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli Sukses

Metrobatam.com, Gunungsitoli – Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang menjadi Program PTID Kecamatan Gunungsitoli, Idanoi Kota Gunungsitoli, yang dihadiri oleh Kadis PMDK Bapak Peniel Harefa S.sos, Camat Gunungsitoli Idanoi yang mewakili Potiaman Lawolo SE, Tenaga Ahli PMD Asafati Gea SH, MM, peserta pelatihan utusan dari masing-masing Desa se-Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, dan undangan lain dalam hal ini Kasi Kemasyarakatan dan KPM, PD dan PLD yang dilaksanakan di Aula LTC Holiana’a Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Pada hari Kamis (05/09/2019).

Dalam sambutannya Kadis PMDK Kota Gunungsitoli mengucapkan, terimakasih kepada panitia pelaksana kegiatan ini, karena ini merupakan salah satu motto Pada hari HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke – 74 tentang sumber daya manusia (SDM) yang harus di kembangkan dan di benahi. Serta lebih menekankan kepada masalah Stunting, ” karena Kecamatan Gunungsitoli Idanoi masih memiliki masalah tentang stunting.

Muat Lebih

Kemudian Kadis juga memberikan arahan kepada unsur Kasi kemasyarakatan dan kepada kader KPM setiap Desa di kecamatan Gunungsitoli idanoi untuk semangat bekerja untuk menekan  stunting yang masih ada. tandasnya.

Ketua Panitia sekaligus Ketua TPID Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kristinus Ya,aro Zebua S.IP pada laporannya mengatakan “Pelatihan PSDM di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi adalah salah satu program Inovasi Desa (PID) Tahun 2019 yang memberikan ruang kepada setiap peserta pelatihan untuk dapat memberikan yang terbaik  di Desanya masing-masing. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tgl 5 s/d 7 September 2019, serta dibagi menjadi dua ruangan mengingat jumlah Desa di Gunungsitoli Idanoi berjumlah 26 Desa”.

“Kepada seluruh peserta Pelatihan untuk sungguh sungguh mengikuti pelatihan ini, untuk dapat menerapkan dan melaksanakan di Desanya masing masing sesuai dengan apa yang disampaikan oleh para Narasumber,” lanjutnya

Salah satu narasumber pada pelatihan PID ini adalah TA. PMD Asafati Gea SH,MM  mengatakan “Masalah Stunting ini adalah masalah Nasional, maka Desa berkewajiban untuk melakukan pencegahan Stunting mulai dari 1000 HPK melalui lima paket Pencegahan Stunting yaitu,
1. KIA
2. Konseling Gizi
3. PHBS
4. Jaminan sosial
5. PAUD”.

“Agar Desa dalam penetapan APBDes Tahun 2020 lima paket layanan tersebut diatas masuk dalam APBDes sebagai pencegahan Stunting di setiap Desa dan ini menjadi kewajiban dan tanggungjawab masyarakat pada umumnya,” harapnya.

Salah satu peserta pelatihan yang bernama Abadi Gea S.Pd mengatakan “Bahwa pelatihan ini sangat membantu dan bermanfaat pada Warga Desa dan secara umum untuk masyarakat Gunungsitoli Idanoi dalam hal pencegahan Stunting untuk menekan angka stunting yang ada di wilayah Gunungsitoli Idanoi”. Ujarnya

DZ/DT

Loading...

Pos terkait

Booking.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.